BMW i8 Bintang IIMS 2014

69
bmw i8

“Sesuai dengan tema IIMS 2014, “Smart and Safe Mobility”, untuk pertama kalinya BMW Indonesia memperkenalkan sub-brand BMW i, the Future of Mobility, yang menjadi pemahaman baru istilah ‘premium’ di konsep keberlanjutan,” ujar Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, di BMW Pavilion.

Salah satu kendaraan BMW i diboyong pada ajang ini, yaitu BMW i8, kendaraan sportscar plug-in hybrid elektrik yang revolusioner. Bodinya yang aerodinamis dan lebar khas sportscar menggunakan struktur carbonfiber reinforced-plastic (CFRP) dan aluminium berbobot ringan, sehingga bobot kosong mobil hanya berkisar 1.485 kg.

Bobot tersebut sangat menakjubkan karena i8 menggunakan sistem penggerak BMW eDrive, kombinasi antara mesin bensin 1,5 liter 3-silinder TwinPower Turbo berkekuatan 231 hp dan motor elektrik 131 hp. Daya sistem maksimumnya mencapai 362 hp, dan torsi maksimum 570 Nm siap menegaskan keberadaan i8 di kelas sportscar. Akselerasi 0-100 kpj dituntaskan dalam 4,4 detik, dan kecepatan puncaknya 250 kpj. 

Sebagai kendaraan plug-in hybrid, kemampuan sportscar i8 tidak dikorbankan dengan konsumsi bahan bakarnya. Diklaim, i8 mampu mengonsumsi bahan bakar hingga 47,6 kpl. Emisi CO2-nya pun hanya 49 g/km.

Kay Segler, Senior Vice President Special Projects Asia BMW Group, mengatakan, “BMW i menjadi pionir dalam perubah paradigma sejarah otomotif di dunia. BMW i8 menjadi satu-satunya sportscar di dunia yang mengusung konsep keberlanjutan.” Ditambahkan oleh Karen Lim, “Kami berharap kehadiran BMW i8 di Indonesia tidak hanya menjadi inspirasi, namun juga sebagai basis keberlanjutan industri otomotif di negara ini.”

sumber: www.autocarindonesia.com

 

Share it