FunVii, Kendaraan Berkonsep Ponsel Pintar

20

Seperti yang dilansir dari Antaranews.com, kendaraan ini bisa dikatakan ponsel pintar yang dapat ditumpangi 3 orang dewasa. Widyawati Soedigdo, GM Perencanaan Korporasi dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2013) mengungkapkan bahwa konsepnya mobil ini berbeda, ia membandingkan jika zaman dulu orang suka kendaraan dengan kelebihan teknikal, sekarang masanya “gadget minded”.

Tidak hanya dari bentuknya seperti segitiga terbalik, kendaraan ini unik, lebar di depan dan mengerucut di belakang. Akan tetapi, karena bodinya dibuat dari LED yang dapat menayangkan gambar seperti ponsel pintar, yaitu memotret, mengunggahnya di bodi mobil. Karena langsung terhubung dengan internet, jadi “update” status bisa langsung dipajang di sisi bodi kendaraan.

Dimensi, panjang 4.020 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.415, dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Konfigurasi penumpang 2:1. Teknologi lain, Biometric Authentication atau lebih akrab disebut deteksi wajah. Dengan ini, kemungkinan dicuri sangat kecil. Layaknya ponsel, mobil ini juga perlu mengisi ulang baterai tanpa mencolokkan sistem pengisian ke stop kontak, namun ditaruh begitu saja (sistem pengisian nirkabel).

Interior kendaraan ini pun unik, karena FunVii bisa berinteraksi dengan penumpang, yang membuat betah berlama-lama di dalam. Dasbornya pun dilengkapi layar MID dengan tayangan 3 dimensi. Informasi yang ditampilkan, mulai dari email, suhu udara di luar ruangan dan kondisi tubuh pengendara.

FunVii juga dilengkapi dengan permainan digital, yaitu simulator 3 dimensi mengendarai mobil ini di sirkuit balap. Untuk keamanan, tidak bisa dimainkan saat mobil melaju. 

Kepala Divisi Teknis Servis TAM, Dadi Hendriadi mengungkapkan kelebihan lain kendaraan ini, terdapat ketika FunVii terkoneksi dengan jaringan di jalan, bisa menjadi mobil otonomus, meluncur sendiri ke tempat yang dituju. Jadi, teknologinya saling berhubungan.

Diketahui saat ini, Toyota sudah menyiapkan generasi kedua FunVii dan siap dipajang perdana di Tokyo Motor Show, November 2013 mendatang. Target pemasarannya, pada 2020 mendatang!

Share it