Hamburg Akan Terapkan Kebijakan Bebas Mobil

31

Seperti yang sedang berlangsung, kini Hamburg tengah memasuki tahap awal program bernama Grune Netz (Jaringan Hijau).

Seperti dimuat leftlanenews.com dan dikutip Antara, program tersebut akan menggantikan beberapa jalan utama menjadi ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau tersebut nantinya dimanfaatkan untuk kegiatan warga seperti piknik, berenang, atau lintas alam.

Ruang hijau seluas 17 ribu hektare, atau 40 persen dari total wilayah Hamburg tersebut akan terintegrasi dan memanjang dari tengah kota hingga pinggir kota. Warga dapat memilih untuk menggunakan sepeda, angkutan umum ramah lingkungan, atau berjalan kaki, karena mobil dilarang masuk wilayah itu.

Meskipun kontroversial, namun politisi setempat menyebut sebagian besar warga mendukung rencana tersebut. “Warga kami cukup progresif. Banyak warga Hamburg yang bersedia menyerahkan kendaraannya, dan hal tersebut sangat jarang,” ungkap Ketua Partai Hijau, Jens Kerstan.

Dikabarkan untuk mewujudkan ide ini menjadi kenyataan, terdapat tiga puluh perancang yang mengerjakannya, dengan harapan Jaringan Hijau tersebut secara signifikan dapat menurunkan emisi serta efek pemanasan global.

Share it