Hatta: Volkswagen Akan Bangun Pabrik di Indonesia

38

Seperti yang dilansir dari Antaranews.com, Hatta mengatakan bahwa pihak Volkswagen AG akan menempatkan basis pabriknya di Indonesia, dengan jumlah investasi yang besar. Hal ini diungkapkannya seusai menerima kunjungan perwakilan Volkswagen AG, Christian Kringler di Jakarta, Kamis.

Volkswagen AG akan membangun investasi di lahan seluas 60 hektar dan pabrik perusahaan Jerman tersebut akan menjadi yang terbesar kedua di kawasan Asia setelah China. Hatta menambahkan bahwa mereka melihat pasar Indonesia yang dinilai cukup baik dan kondisi negara ini dinilai lebih `confidence` dibandingkan yang lain.

Jika sesuai dengan rencana, pembangunan kawasan pabrik perakitan otomotif senilai 200 juta euro ini akan dimulai 2014 serta diperkirakan selesai pada 2017. Selain itu, Hatta belum mengungkapkan lebih rinci terkait kemungkinan pemberian insentif kepada Volkswagen AG untuk mempermudah kelancaran pembangunan pabrik tersebut. Menurutnya, pemerintah memiliki `tax allowance` untuk ditawarkan nanti, yang akan dibicarakan dalam waktu dekat.

Volkswagen AG tidak memiliki keraguan untuk berinvestasi di Indonesia, meskipun saat ini sedang terjadi gejolak perekonomian nasional. Mereka mengatakan bahwa kondisi saat ini bukan menyangkut fundamental Indonesia yang buruk.

Share it