Hennessey Venom GT Diklaim Sebagai Mobil Tercepat Sedunia

88

Tercatat, Venom GT berhasil mencapai kecepatan 270,49 mil per jam atau 434 km per jam. Meskipun berbeda sedikit, kecepatan ini berhasil mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, mobil super Bugatti Veyron yang pernah mencapai kecepatan 269,86 mil per jam, pada 2010.

Bahkan angka tersebut, dapat dikatakan telah mengalahkan kecepatan balap mobil manapun. Bahkan saat dibandingkan dengan kecepatan adu balap Formula 1, di mana kecepatan rata-ratanya ‘hanya’ 200 mil per jam.

Brian Smith, yang dipercaya mengendarai Venom GT, awalnya ingin membuat jarak dengan Bugatti Veyron sekitar 5-10 mil per jam. Namun, karena landasan di Florida hanya sepanjang 5,1 km maka dia tak bisa memacu lebih cepat lagi. Sedangkan ketika meraih rekornya empat tahun lalu, Bugatti Veyron melaju di landasan sepanjang 8,8 km, Volkswagen Ehra, di Lessien Jerman.

Venom GT pun tak dapat langsung meraih gelar mobil tercepat versi Guinness Book of Record, meski telah mencapai kecepatan tertinggi. Sesuai ketentuan yang berlaku, pencatat rekor dunia mengharuskan pemecah rekor kecepatan harus melaju dua putaran/kali. Sedangkan Venom GT hanya melaju satu putaran.

Mobil seharga Rp 16 miliar itu ditenagai mesin twin turbocharged V8 berkapasitas 7 liter, yang dapat menyemburkan 1.244 tenaga kuda. Venom GT hanya butuh waktu 2,7 detik, untuk bisa mencapai kecepatan 100 km per jam.

Mobil ini mendapat banyak pujian berbagai pihak dan media otomotif, sejak diluncurkan 3 tahun lalu. Mobil yang hanya diproduksi sebanyak 11 unit ini, salah satunya dimiliki oleh vokalis band Aerosmith, Steve Tyler. Demikian kabar yang dilansir Tempo.

Share it