Inilah Mobil Tanpa Sopir

29

Memiliki nama Navia, mobil tersebut telah dijual bebas di Amerika Serikat dan dirilis dalam ajang Consumer Electronic Show di Las Vegas, Selasa, 7 Januari 2014. Navia bukan mobil konsumen biasa, namun mobil berpenumpang di lingkungan terbatas, seperti di kampus atau bandara.

Navia tentu juga cerdas, karena mobil ini dapat berjalan tanpa sopir. “Navia mobil cerdas, mandiri, dan ramah lingkungan,” kata juru bicara Navia. Mobil ini bisa dipanggil memakai ponsel melalui aplikasi tertentu. Penumpang bisa memilih tujuan melalui layar sentuh yang tersedia di dashboard.

Tak tergantung jalur khusus seperti rel, sehingga membuat Navia bisa melaju di beragam jenis medan. Navia bisa disetel sesuai otoritas wilayah tertentu. Untuk menghindari hambatan dan tabrakan, Navia memakai laser, sensor kamera, sehingga tak tergantung GPS.

Kecepatan Navia juga mentok di 20 kilometer per jam. Mobil yang telah diuji di kampus teknik di Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, Swiss, dan di lingkungan industri kemanan tinggi United Kingdom Atomic Energy Authority. Tak ada masalah dalam ujinya.

Jika Anda tertarik untuk mendatangkan satu unit Navia, perlu merogoh kocek sekitar Rp 3 miliar atau US$ 250 ribu. Tapi, harga itu diklaim pembuatnya lebih hemat 40 persen dari mobil biasa. Sebab, Anda tak perlu mengeluarkan gaji buat sopir. Demikian kabar yang dilansir oleh Tempo.

Share it