Inilah Sepeda Motor Listrik Terdahsyat di Dunia

114

Seperti yang dikabarkan, Wattman dapat digeber 170 kpj dan melaju dari diam ke 100 kpj hanya 3,4 detik. Hal ini dinilai sangat impresif, mengingat bobotnya mencapai 350 kg, sebagain besar berasal dari baterai lithium-ion 12,8 kWh. Karena baterai yang banyak itu pula, sepeda motor ini bisa menempuh jarak 180 km.

Jagoan baru produsen motor yang didirikan di Issoire, Prancis, pada tahun 1995 ini, dilengkapi soket Combo II untuk mengisi ulang baterai dengan cepat, mencapai 80 persen dalam 30 menit. Baterai dan motor dibungkus oleh sasis aluminium yang disebut exoskeleton.

Wattman termasuk sepeda motor yang bongsor, memiliki panjang 2.350 mm, tinggi 1.015 mm, lebar 815 mm dan jarak sumbu roda 1.705 mm. Motor ini di desain dengan model futuristik meski terkesan boxy untuk melindungi baterai dan motor listrik yang sangat ”flat” sebagai fairing.

Suspensi belakang terdiri dari lengan ayun empat titik dengan shockbreaker yang dipasang secara horizontal. Sementara di depan menggunakan garpu konvensional upside-dwon 43 mm. Cakram rem depan 230 mm dengan empat piston pada kalipernya merek Beringer. Spesifikasi sama juga ada di rem belakang.

Sang produsen, Voxan, berencana memproduksi Wattman dalam jumlah terbatas atau sesuai pesanan, demikian kabar dari Kompas.

Share it