Mercedes dan Aston Martin Menjalin “Persaudaraan”

36

Seperti yang dilansir dari Antaranews.com dari laporan Reuters, Mercedes dan Aston Martin memulai kerja sama untuk mengembangkan generasi baru mesin V8.

Secara teknis, Mercedes akan membantu Aston Martin untuk pengembangan mesin, sebagai gantinya pemilik merek Mercedes, Daimler, akan mendapatkan lima persen saham Aston Martin. Aston Martin, merek otomotif mewah asal Inggris, kini memproduksi DB9 dan sport Vanquish.

Kabarnya, investasi Aston Martin tersebut akan membuat mereka lebih bisa bersaing dengan Bentley dan Jaguar. Volkswagen adalah pemilik Bentley sedangkan Jaguar diproduksi oleh perusahaan Jaguar Land Rover (JLR) yang sahamnya dikuasai Tata Motors dari India.

Terkait nilai dari kerja sama Mercedes-Aston Martin, hingga saat ini tidak ada keterangan. Kemitraan itu menjadikan Aston Martin punya akses besar terhadap sumber daya Mercedes-AMG GmbH dan Mercedes-Benz. Selain itu, kerja sama tersebut memungkinkan Aston Martin mengembangkan dapur pacu V8 dan menggunakan komponen eletrik tertentu maupun arsitektur elektronik Mercedes,” kata Ian Minards dari Aston Martin.

Seperti yang diungkapkan pihak Daimler, yang bermarkas di Stuttgart Jerman, kesepakatan untuk bermitra tersebut akan ditandatangani pada semester kedua tahun ini.

Mayoritas saham Aston Martin dimiliki oleh perusahaan asal Kuwait, Investment Dar. Selain mereka, 37,5 saham Aston Martin dibeli oleh Investindustrial, perusahaan ekuitas asal Italia.

Share it