Porsche GT Perenggut Nyawa

97

Paul Walker meninggal dunia dalam kecelakaan mobil mengerikan Sabtu sore waktu setempat di Santa Clarita, California, pada usia 40 tahun. 

Dia adalah penumpang mobil mewah yang disebut pihak berwenang sebagai Porsche Carrera GT keluaran 2005 berwarna merah. Diberitakan bahwa dirinya tewas dalam kecelakaan tunggal bersama dengan pengendaranya yang diketahui bernama Roger Rodas.

Rodas adalah penasehat keuangan dari Merrill Lynch pada The Rodas Group, selain pemilik Always Evolving, dealer mobil di Valencia, California. 

Menurut Autoweek yang dilansir dari ANTARA, mobil yang dikendarai Rodas telah ada di Always Evolving pada musim semi 2013 setelah gonta ganti pemilik dalam beberapa tahun terakhir.

Terakhir mobil ini dilepas pada harga Rp3,9 miliar, sementara kepada Autoweek seorang pengendara mengungkapkan bahwa Porsche Carrera GT ini “mengerikan” untuk dikendarai siapa pun, bahkan oleh pebalap profesional sekalipun.

Supercar Supergalak

Carrera GT adalah salah satu supercar Porsche yang supergalak. Di bagian belakang mobil tersimpan mesin 5.700cc V10 yang bisa menyemburkan tenaga sampai 612 PS @8.000 rpm. Torsinya mencapai 590 Nm @5.800 rpm.

Tenaga itu ditransfer pada transmisi manual 6-percepatan, yang bisa digeber dari posisi diam menuju 100 kpj dengan hanya butuh waktu 3,6 detik. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 330 kpj. Kapasitas bahan bakar sangat banyak, yakni 92 liter, cukup ”banyak bahan” untuk membakar semua mobil sampai habis ketika api memantik dalam kasus tabrakan.

Carrera GT mempunyai lubang udara samping dan air dam yang besar untuk mempercepat pendinginan mesin V10 di balik kap karbon fiber. Sistem rem Carbon fibre-reinforced Silicon Carbide (C/SiC) ceramic composite membuat sistem penghentian laju sangat impresif. Yang unik, spoiler sayap akan otomatis muncul ketika mobil melaju 110 kpj.

Interior dilengkapi kulit lembut, sistem audio Bose, plus peranti navigasi. Sudah tipikal, lubang kunci diletakkan di sebelah kiri setir. Diproduksinya pun sangat terbatas di Leipzig, Jerman, mulai 2004 hingga 2007. Cuma 1.270 unit mobil bermodel dua pintu roadster ini yang beredar di dunia. Tidak ada harga pasti, tetapi patokannya beredar dengan banderol di atas 450.000 dollar AS atau setara Rp 4,5 miliar.

Penyebab Kecelakaan

Tidak ada yang tahu seberapa kencang Porsche Carrera GT yang ditumpangi Paul Walker dan dikendarai rekannya yang juga pebalap, Roger Rodas, sebelum naas dan terbakar.

Kepolisian Los Angeles saat ini melanjutkan investigasi, meski belum mengeluarkan pernyataan apa pun. Kesimpulan sementara masih sama, kecepatan tinggi diduga menjadi penyebab utama. Dikatakan, Rodes dan Walker melanggar peraturan batas kecepatan di Hercules Street (tempat kejadian perkara-TKP) yang hanya 45 mph atau 72 kpj.

Selain itu, seperti dikutip Kompas.com dari LA Times, Minggu (1/12/2013), sebuah pertanyaan besar muncul, ketika tabrakan terjadi, apa yang menicu nyala api sehingga menghanguskan sportcar seharga 450.000 dollar AS tersebut.

Munculnya api, kemungkinan besar berasal dari dua sumber akibat benturan keras yang terjadi. Pertama, tabrakan yang menyebabkan ringseknya bagian depan mobil mengakibatkan tangki bensin bocor. Lalu, benturan tersebut juga mengakibatkan mentalnya aki, dan bergesekan dengan besi sehingga menimbulkan korsleting. Percikan tersebut lalu menyambar gas bensin yang menyebar akibat adanya kebocoran.

Indikasi lain adalah pergesekan antara besi yang muncul akibat benturan keras, kemudian menimbulkan percikan api yang lalu menyulut bensin yang keluar dari tangki. Karena dekat dengan sumber bahan yang mudah meledak, maka mobil pun terpanggang dengan cepat. Terlebih lagi tangki yang digunakan mampu menampung 92 liter bensin.

Penyebab lain mobil sport yang ditumpanginya bisa terbakar setelah mengalami tabrakan. Dikutip dari The Telegraph (TT) berdasarkan ungkapan saksi mata, Paul dan temannya tak bisa menyelamatkan diri ketika api menyala setelah Porsche Carrera GT merah yang ditumpanginya menabrak pohon.

Share it