Porsche Pertama Adalah Mobil Elektrik

36

Hal ini diungkapkan dalam pameran di museum Porsche di Stuttgart-Zuffenhausen, Jerman.

Ferdinand Porsche membuat desain mobil yang dijuluki Egger-Lohner dan merupakan kendaraan listrik C.2 Phaeton model, atau singkatnya disebut P1.

Mobil yang dibuat pada tahun 1898 ini ditampilkan di luar sebuah garasi di Austria yang menjadi tempat penyimpanannya sejak 1902.

Ferdinand Porsche yang waktu itu berusia 22 tahun merancang P1 untuk produsen mobil Jacob Lohner.

Setelah perjalanan ke AS, Ludwig Lohner yakin bahwa era kuda dan kereta kuda telah berakhir dan ia meminta Ferdinand Porsche untuk datang dengan rancangan kereta listrik.

Ferdinand Porsche merancang suatu “motor listrik oktagonal” yang dimotori oleh tenaga baterai listrik.

Mobil itu didorong menggunakan 12 gigi pengontrol yaitu enam gigi maju, menggunakan serangkaian rumit roda gigi, dua gigi mundur dan empat gigi yang dapat digunakan untuk menghentikan laju mobil.

Pada tanggal 26 Juni 1898, P1 pertama kali turun ke jalan-jalan di Wina, Austria, dan bisa mencapai kecepatan hingga 34km per jam. Bagian atas mobil ini juga dirancang untuk bisa dibuka-tutup.

Pada tanggal 28 September 1899, Ferdinand Porsche muda juga mendaftarkan P1 pada balap mobil di Berlin, yang dengan mudah mengalahkan pesaingnya. Demikian kabar yang dilansir BBC Indonesia.

Share it