Volvo FH Tantang Mobil Sport Terkencang di Dunia

167
truc-1

Pertarungan dua kendaraan beda bobot dan kecepatan ini merupakan skenario dari film terbuar milik Volvo berjudul ‘Volvo Trucks vs Koenigsegg’.

Tujuan melakuakn tes ini adalah menguji sistem transmisi I-Shift dual clutch berdasarkan sebuah teknik yang biasa digunakan pada mobil sports hingga tes akhir.

Di dalam film ini, Volvo FH dihadapkan dengan Koenigsegg One:1. Terdengar aneh? Bagaimana mungkin sebuh truk besar bertenaga 540 hp ditandingkan dengan sebuah mega car yang dipersenjatai mesin 1360 hp? Tantangan akan diselenggarakan di Knutstorp, sirkuit balap di Swedia Selatan.

 Truk ini diberikan waktu untuk melakukan tes kecepatan sebesar 90 kpj dalam melawan mobil sport itu. Untuk memberikan tantangan yang seru di dalam filmnya, dan juga agar tantangan ini lebih adil, maka Volvo FH akan berjalan selama 1 lap sedangkan Koenigsegg One:1 harus 2 lap.
 
Meskipun begitu, hasil dari tantangan ini masih belum bisa ditebak. “I-Shift memiliki dual-clutch yang terbilang unik dalam pasar kendaraan kelas berat. Namun, teknologi serupa sudah terdapat pada mobil sports. Maka, ini merupakan tantangan yang luar biasa.” Ujar Jeff Bird, Press Test Director Volvo Trucks.

Sosok di balik kemudi Volvo FH adalah seorang pembalap berpengalaman, Tiff Needell. Tanpa mengatakan hasil dari tantangan tersebut, Tiff – yang belum pernah membalap menggunakan truk sebelumnya – mengakui bahwa ia kagum akan performa kendaraan yang ia gunakan.

“I-Shift Dual Clutch sangat menakjubkan. Performanya sangat terasa pada jalan yang miring karena truk tidak terhambat dan bisa tetap berjalan dengan mulus tanpa merasakan perbedaan saat pergantian kopling.” Ujar Needell.

Volvo Trucks dual-clutch gearbox terbaru sudah diluncurkan di Eropa pada bulan Juni lalu. Tersedia di semua pasar Volvo FH dengan mesin Euro 6 D13 dengan kekuatan 460 hp, 500hp dan 540 hp.

Sumer: autocarindonesia.com

 

 

Share it