3 Jenis Kurma Termahal di Dunia

74
3 Jenis Kurma Termahal di Dunia

Setiap bulan Ramadan, kurma telah menjadi makanan khas sebagai hidangan pertama saat berbuka puasa. Kandungan gula alami dalam kurma baik untuk mengganti energi setelah berpuasa. Selain itu, umat Islam juga disunnahkan membatalkan puasa dengan makan kurma.

3 Jenis Kurma Termahal di Dunia

Buah kurma tumbuh di wilayah padang pasir dan sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Kurma juga memiliki tampilan, rasa, tekstir dan harga yang berbeda-beda. Kali ini Brava Radio membahasa 3 jenis kurma termaha di dunia, berikut ulasannya.

3. Kurma Barhi

3 Jenis Kurma Termahal di Dunia

Kurma termahal di dunia ini memiliki keunikan karena warna kuningnya. Bentuknya mirip seperi duku atau langsat yang berbeda dengan jenis kurma lainnya. Kurma Barhi banyak digemari orang-orang yang tidak terlalu suka rasa manis yang pekat seperti kurma pada umumnya. Bahkan di pasar internasional, kurma barhi juga bisa dimakan mentah. Kurma ini biasa dijual dengan harga 50 Riyal atau setara Rp 196 ribu per kilogram. Kurma ini juga dijual dengan tangkainya.

2. Kurma Sukkari

3 Jenis Kurma Termahal di Dunia

Kurma sukkari memiliki daging buah yang bertesktur renya dah manis sehingga populer dijadikan sebagai makanan penutup. Kurma ini memiliki bentuk bualat dengan warna kuning keemasan dan biasanya disajkan sebagai isian rotu, topping sereal atau dijus. Harga kurma Sukari sekitar 70-80 Riyal atau setara Rp309.820 per kilogramnya

1. Kurma Mejdool

3 Jenis Kurma Termahal di Dunia

Melansir dari Gulf News, Pusat Layanan Petani Abu Dhabi (ADFSC) menobatkan kurma Mejdool sebagai kurma yang paling mahal. Kurma ini memiliki panjang hampir dua inchi. Pada 2017 lalu harga per kilonya mencapai 100 dirham per kilo (atau sekitar Rp391 ribu) di pasar lokal. Dengan tingkat kemanisan seperti karamel, Mejdool punya tekstur yang kenyal namun lembut.

Baca Juga: 5 Daerah Dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it