3 vendor besar absen mengeluarkan smartwatch

58

Apple, LG, Asus, Motorola, Samsung dan Huawei adalah brand-brand yang bersaing mengeluarkan produk smartwatch. Pada ajang IFA September lalu, Asus telah memamerkan produk smartwatch-nya yang berbasis Android Wear yang dinamakan ZenWatch 3.

Apple pun tengah meluncurkan produk smartwatch-nya yang bertajuk Apple Watch. Samsung sudah dijadwalkan untuk meluncurkan Gear S3 pada akhir tahun ini. Lantas bagaimana dengan LG, Motorola dan Huawei?

Disebutkan ternyata tiga brand tersebut akan absen mengeluarkan produk smartwatch. Dikarenakan pasar penjualan smartwatch yang sedang lesu.

Apple yang disebut-sebut sebagai pemimpin pasar penjualan smartwatch, mengalami penurunan pasar hingga 55% di kuartal kedua tahun 2016.

Smartwatch belum berhasil membentuk impresi signifikan pada pasar bahwa perangkat tersebut harus dimiliki,” menurut analis IDC, Ramon Llamas.

Di tengah posisi industri smartwatch yang lemah, kata Llamas, vendor-vendor juga sepertinya sanksi menyaingi Apple dan Samsung sebagai dua pabrik smartwatch dengan penetrasi paling besar.

Apakah sebenarnya Huawei, Motorola dan LG benar-benar akan berhenti mengeluarkan produk smartwatch? Mereka menegaskan bahwa tidak akan berhenti untuk bersaing di pasar smartwatch. Mereka hanya sedang butuh waktu lebih untuk menciptakan inovasi baru yang bisa menarik interest mayarakat.

Cutinya tiga vendor dalam membuat Android Wear menandai sebuah transisi. Pabrikan ponsel Android yang sebelumnya semangat melengkapi portofolio produk dengan smartwatch, sekarang malah terlihat tak agresif.

Justru merek arloji tradisional seperti Fossil dan Michael Kors yang tahun ini bersemangat menggodok arloji pintar. Keduanya telah meluncurkan smartwatch dengan sistem operasi buatan Google beberapa saat lalu.

[teks Gabriella Sakareza/sumber www.kompas.com | foto www.cnn.com]

Share it