5 Jam Tangan yang Harganya Tak Masuk Akal

9
5 Jam Tangan yang Harganya Tak Masuk Akal

Secara umum jam hanyalah sebuah alat untuk menunjukkan waktu. Namun, bagi beberapa orang jam memiliki nilai jual yang istimewa tergantung dari nilai sejarah yang dikandungnya.

Sudah bukan hal yang mengagetkan apabila ada sebuah jam tangan hingga berharga miliaran rupiah. Tentu ada alasan dibalik mahalnya harga jam tersebut, dilihat dari sejarah hingga desainnya.

Berikut ini beberapa jam tangan yang terjual dengan harga yang fantastis.

Patek Philippe Ref 1518 In Steel

Salah satu jam termahal didunia dipegang oleh Patek Philippe Ref 1518 In Steel. Jam ini perlah dilelang pada tahun 2016 di Phillips, Jenewa, dengan harga mencapai 8.9 juta pound sterling (setara Rp158 miliar).

Ada tujuh penawar yang mengincar jam Patek Philippe Ref 1518 In Steel. Hal tersebut dikarenakan jam ini merupakan jam tangan pertama yang menggunakan fitur kalendar dan kronograf di dalamnya.

Paul Newman Rolex Daytona

Jam Paul Newman Rolex Daytona merupakan permberikan dari  istri aktor Paul Newman, Joanne Woodward. Diukir pada tahun 1968, jam ini memliki pesan didalamnya, yakni  ‘Drive Carefully’ atau ‘Berkendaralah dengan Hati-Hati’.

Jam Paul Newman Rolex Daytona awalnya dihargai sebesar juta pound sterling (setara Rp17.8 miliar). Namun, harga tersebut melambung setelah ada seorang pembeli yang berani membawa pulang Paul Newman Rolex dengan harga Daytona 13.5 juta pound sterling (setara Rp240.9 miliar) pada tahun 2017.

Patek Philippe Henry Graves Supercomplication

5 Jam Tangan yang Harganya Tak Masuk Akal

Patek Philippe mengakui bahwa jam Patek Philippe Henry Graves Supercomplication merupakan jam tangan tersulit yang pernah dibuat. Jam tersebut dibuat pada tahun 1925 serta kemudian dikirim ke bankir dan kolektor arloji Henry Graves.

Dua rekor berhasil dipecahkan oleh Patek Philippe Henry Graves Supercomplication. Pertama, oleh Sheikh Saud bin Muhammad Al Thani dari keluarga kerajaan Qatar yang membeli jam ini seharga 9 juta dolar AS (setara Rp131.5 miliar). Kemudian setelah Sheikh Saud bin Muhammad Al Thani meninggal dunia pada November 2014, jam ini dilelang dengan harga 24 juta dolar AS (setara Rp350.7 miliar).

Patek Philippe Grandmaster Chime

5 Jam Tangan yang Harganya Tak Masuk Akal

Jam Patek Philippe Grandmaster Chime menawarkan fitur menarik, yakni dua tombol (satu di belakang) serta 20 fungsi berbeda, yang mencakup mode denting tituler (dua di antaranya dipatenkan).

Pelelangan jam Patek Philippe Grandmaster Chime sempat berjalan sangat sengit, di mana banyak kolektor yang sangat menginginkan jam tersebut. Alhirnya jam tersebut berhasil dilelang dengan harga 31 juta dolar AS atau setara Rp453 miliar.

Baca Juga: Pendapatan Menurun, Netflix Pecat 150 Karyawan

Breguet Grande Complication Marie-Antoinette

5 Jam Tangan yang Harganya Tak Masuk Akal

Jam termahal di dunia saat ini diduduki oleh Breguet Grande Complication Marie-Antoinette. Jam saku tersebut saat ini dikunci di museum L.A Mayer dengan nilai jual seharga 25 juta pound sterling (setara Rp446 miliar).

Jam ini pernah dicuri dari sebuah museum di Yerusalem pada akhir 1900-an. Kemudian pada tahun 2007, jam tersebut akhirnya dapat ditemukan.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it