Pendapatan Menurun, Netflix Pecat 150 Karyawan

30

Pemutusan hubungan kerja (PHK) dilakukan oleh Netflix terhadap karyawannya baru-baru ini. Sebayak 150 karyawan di PHK oleh Netflix dikarenakan pendapatan perusahaan menurun.

Di tengah maraknya platform streaming yang kini mulai meningkat pesat seiring adanya pandemi covid-19, namun perusahaan streaming film, yakni Netflix justru memcat karyawannya dalam jumlah yang cukup besar. Ada total 150 karyawan atau setara 2 persen dari total 11 ribu karyawan yang dipecat oleh Netflix.

“Sayangnya, kami melepaskan sekitar 150 karyawan hari ini, sebagian besar berbasis di AS,” ungkap perwakilan perusahaan kepada CNBC.

PHK besar-besaran yang dilakukan Netflix ini karena pendapatan perusahaan menurun. Hal ini disebabkan karena berkurang jumlah pelanggan yang berlangganan pada platform Netflix.

“Seperti yang kami jelaskan tentang pendapatan, pertumbuhan pendapatan kami melambat berarti kami juga harus memperlambat pertumbuhan biaya kami,” ucap manajemen.

Diduga hal yang menyebabkan berkurangnya jumlah pelanggan Netflix adalah karena penyebaran kata sandi pada akun berbayar. Hal ini sendiri termasuk salah satu penawaran dari Netflix kepada pelanggan.

Diketahui, total ada 222 juta rumah tangga yang berlanggan Netflix. Sementara 100 juta rumah tangga tambahan lainnya melalui layanan berbagi akun.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it