5 Kegunaan Ampas Kopi Di Rumah

26

Sebagian besar orang ketika selesai meminum kopi, ampas dari kopi selalu dibuang. Namun ternyata banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari ampas kopi.

Manfaat praktis dari ampas kopi ternyata sangat berfungsi jika diterapkan untuk kebutuhan di rumah. Berikut beberapa kegunaan dari ampas kopi.

Pupuk Tanaman

kegunaan ampas kopi

Siapa sangka, ternyata ampas kopi mengandung beberapa mineral yang penting buat pertumbuhan tanaman: Nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, dan magnesium. Ampas kopi sangat aman digunakan sebagai pupuk tanaman, dengan hanya cukup taburkan ke tanah di sekitar tanaman.

Mengusir Serangga dan Hama

kegunaan ampas kopi

Ampas kopi terbukti ampun untuk mengusir serangga dan hama dengan senyawa tertentu yang dimiliki ampas kopi seperti kafein dan diterpen, mengandung racun bagi serangga.

Singkirkan Kutu Hewan Peliharaan

kegunaan ampas kopi

Jika Anda memiliki peliharaan di rumah, ampas kopi sangat cocok digunakan untuk hewan peliharaan yang memiliki kutu. Kutu tidak akan hinggap bila terdapat ampas kopi. Cara untuk menyingkirkan kutu pada hewan peliharaan dengan ampas kopi ialah dengan menggosokan ampas ke seluruh bulu hewan peliharaan setelah keramas.

Menetralkan Bau Tidak Sedap

kegunaan ampas kopi

Ampas kopi mengandung nitrogen, yang mampu menyerap dan menghilangkan bau dari udara saat dikombinasikan dengan karbon. Hal ini sangat berguna digunakan di dalam kulkas atau freezen untuk membantu menetralkan bau dari makanan.

Baca Juga : Manfaat Dan Alasan Diffuser Dibutuhkan Di Rumah

Melembutkan Daging

Kandungan asam dan enzim alami dari bubuk kopi dapat membuatnya sangat efektif untuk melunakkan daging. Sifat asam kopi juga bisa membantu meningkatkan rasa daging.

Cara penggunaannya ialah dengan oleskan ampas kopi ke daging dua jam sebelum dimasak. Bubuk kopi dengan sendirinya akan matang di atas daging dan membentuk kerak yang gelap dan renyah.

Share it