5 Makanan Alternatif Pengganti Nasi Untuk Yang Sedang Diet

296
Makanan Alternatif Pengganti Nasi Untuk Yang Sedang Diet

Untuk Anda yang sedang melakukan diet dan mengganti alternatif pengganti nasi namun tetap membuat perut kenyang, ada solusi untuk Brava Listeners. Terdapat beberapa makanan pengganti nasi yang memiliki kalori yang rendah.

Nasi seperti menu wajib yang harus selalu ada dalam setiap makan apapun. Apalagi ada stigma yang mengatakan jika belum makan nasi, perut belum kenyang. Namun, bagi orang yang sedang diet, memakan nasi yang berlebih justru akan menimbulkan masalah pada berat badan.

Nasi memiliki karbohidrat yang tinggi yang mudah terurai menjadi gula dalam tubuh. Selain itu, nasi juga memiliki glukosa yang terlalu tinggi di dalam darah dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko diabetes.

Namun begitu, kesalahan presepsi sering dilakukan oleh orang yang sedang diet dengan tidak mengonsumsi nasi putih sama sekali. Padahal ada alternatif sumber karbohidrat selain nasi putih, yang rendah kalori namun juga membuat perut kenyang.

Berikut ini alternatif pengganti nasi yang rendah kalori bagi yang sedang melakukan diet.

Brokoli

Makanan Alternatif Pengganti Nasi Untuk Yang Sedang Diet

57 gram Brokoli mengandung kalori sebanyak 15 kkal membuat tubuh Anda menjadi tidak cepat gemuk. Selain itu, brokoli menjadi alternatif pengganti nasi dikarenakan serat yang dimiliki membuat tubuh merasa kenyang. Brokoli juga terbukti mempunyai banyak sumber antioksidan.

Kentang

Makanan Alternatif Pengganti Nasi Untuk Yang Sedang Diet

Kentang bisa menjadi alternatif pengganti nasi yang biasa orang diet gunakan. Dalam 100 gram kentang memiliki kandungan sebanyak 74 kalori, 2 gram protein, 17,6 gram karbohidrat, dan 1,4 gram serat total. Selain itu, kentang juga dapat dengan mudah diolah untuk membuat berbagai hidangan makanan.

Ubi jalar

Makanan Alternatif Pengganti Nasi Untuk Yang Sedang Diet

Siapa sangka ternyata dalam satu buah ubi jalar mengandung karbohidrat, serat, dan mineral. Dalam 100 gram ubi jalar mentah memiliki kandungan 86 kalori, hampir 1,6 gram protein, 20 gram karbohidrat, dan 3 gram serat total.

Selain itu, ubi jalar juga dapat membantu untuk penyakit kardiovaskular dan kanker karena sifat antioksidannya. Ubi jalar juga mudah untuk diolah seperti dikukuh, direbus atau pun digoreng. Bisa juga untuk dibuat menjadi salad.

Singkong

Makanan Alternatif Pengganti Nasi Untuk Yang Sedang Diet

Salah satu sumber karbohidrat selain nasi putih yang mudah ditemukan dan harganya murah ialah singkong. Singkong memiliki kandungan karbohidrat baik, fosfor, kalsium, vitamin C, zat besi, protein, dan yang paling penting rendah kalori.

Saat ini sudah banyak varian menu singkong yang sudah diolah dan enak untuk dimakan seperti misalnya singkong keju atau singkong Thailand yang sedang viral.

Jagung

Makanan Alternatif Pengganti Nasi Untuk Yang Sedang Diet

Biji-bijian jagung kaya akan serat, vitamin C, antioksidan, lutein, dan zeaxanthin. Makanan alternatif pengganti nasi ini juga mudah untuk diolah seperti direbus, dibakar atau dipadupadankan dengan sup sayuran serta bisa juga diolah menjadi bakwan jagung.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it