5 Rekomendasi Film Bertemakan Pahlawan

17
5 Rekomendasi Film Bertemakan Pahlawan

Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November 2021, terdapat beberapa film yang bertemakan pahlawan. Hal ini sekaligus mengenang jasa-jasa serta perjuangan pahlawan yang telah berjasa bagi negara.

Walaupun sudah tiada, tetapi jasa dari para pahlawan nasional Indonesia akan selalu terkenang sepanjang masa. Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita harus selalu mengenang jasa dari para pahlawan Indonesia yang telah memerdekakan negara.

Salah satu untuk mengenang para pahlawan Indonesia ialah dengan mengingat kembali perjuangan dari pahlawan nasional lewat film-film biografi dari para pahlawan. Berikut ini rekomendasi film bertemakan pahlawan.

Battle of Surabaya (2015)

5 Rekomendasi Film Bertemakan Pahlawan

Film Animasi Battle of Surabaya menceritakan tentang perjuangan arek-arek Suroboyo dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya.

Mengisahkan tentang petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir surat dan kode rahasia bagi perjuangan arek-arek Suroboyo. Dalam perjuangannya ini Musa banyak kehilangan orang-orang terdekatnya.

Sederet aktor ternama menjadi pengisi suara di film Animasi Battle of Surabaya seperti Maudy Ayunda serta Reza Rahadian

Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

5 Rekomendasi Film Bertemakan Pahlawan

Film Soekarno: Indonesia Merdeka menceritakan tentang biografi dari Presiden Pertama Indonesia tersebut dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Sosok dari Soekarno diperankan oleh Ario Bayu.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini tidak hanya menceritakan mengenai Bung Karno sebagai proklamator dan presiden, juga masa-masa sebelum itu, yakni era kolonial. Bagiaman perjuangan Soekarno ketika masih muda dengan mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada era pergerakan nasional, lalu dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda di Bandung, juga pledoi pembelaannya yang terkenal: “Indonesia Menggugat”.

Jenderal Soedirman (2015)

5 Rekomendasi Film Bertemakan Pahlawan

Film Jenderal Soedirman karya dari sang penulis naskah Tubagus Deddy ini menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman dalam memimpin perang gerilya menghadapi Belanda meskipun dalam kondisi sakit parah lantaran terserang TBC. Sosok Jenderal Soedirman sendiri diperankan oleh Adipati Dolken.

Selain Jenderal Soedirman juga terdapat aktor ternama yang memerankan tokoh-tokoh perjuangan lainnya, seperti Mathias Muchus (Tan Malaka), Baim Wong (Soekarno), Nugie (Mohammad Hatta), Ibnu Jamil (Tjokropranolo), Lukman Sardi (Joesoef Ronodipoero), Annisa Hertami (istri Soedirman), serta Landung Simatupang (Oerip Soemohardjo).

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

5 Rekomendasi Film Bertemakan Pahlawan

Sesuai judulnya, film ini menceritakan tentang perjuangan dari seorang guru bangsa HOS Tjokroaminoto. Dikisahkan bagaimana perjuangan tokoh HOS Tjokroaminoto dalam menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera.

Sosok dari Tjokroaminoto diperankan oleh Reza Rahardian. Film Guru Bangsa Tjokroaminoto merupakan film garapan sutradara Garin Nugroho.

Baca Juga : Selain Kain Lap, Ini Produk Aneh Yang Pernah Dijual Apple

Wage (2017)

5 Rekomendasi Film Bertemakan Pahlawan

Siapa yang tidak mengenal sosok dari pencipta lagu wajib nasional, Indonesia Raya, yakni Wage Rudolf Soepratman (W.R. Soepratman). Film Wage yang dirilis pada 2017 menceritakan tentang sisi lai dari W.R. Soepratman yang belum banyak diketahui orang.

Film Wage mengisahkan tentang kehidupan W.R Soepratman dari ia kecil hingga dewasa. Sosok dari Wage sendiri diperankan oleh Rendra Bagus Pamungkas.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it