7 Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Hewan Peliharan

120
7 Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Hewan Peliharan

Saking sayangnya dengan hewan peliharan, terkadang seseorang memperlakukan layaknya bagian dari keluarga, termasuk dalam hal berbagi makanan.

Meski begitu, memberi makanan yang biasa dikonsumsi oleh manusia ke hewan tidak boleh sembarangan, hal ini karena beberapa makanan manusia dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada hewan seperti sakit perut, gangguan ginjal bahkan sampai keracunan.

7 Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Hewan Peliharan

Melansir dari Health and Natural World, berikut 7 makanan manusia yang dianjurkan untuk tidak diberikan kepada hewan peliharan. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Minuman berkafein

Minuman seperti kopi, teh, coklat, soda, dan minuman energi dengan kandungan kafein tinggi, dapat menyebabkan anjing dan kucing mengalami kejang, tremor, detak jantung cepat, napas cepat, dan kegelisahan.

2. Kacang-kacangan

7 Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Hewan Peliharan

Kacangan-kacangan khususnya kacang macadamia tidak baik untuk kesehatan anjing. Hal ini karena bisa menyebabkan anjing muntah, gemetar, lemas, dan demam. Sedangkan jenis kacang lainnya umumnya tidak mudah dicerna dan dapat membuat anjing sakit perut.

3. Cokelat

Makan yang paling digemari oleh manusia yaitu cokelat ternyata beracun bagi anjing dan kucing. Cokelat hitam lebih beracun daripada cokelat susu karena kadar kakaonya yang lebih tinggi. Apabila dikonsumsi oleh hewan peliharaan, dapat menyebabkan muntah dan diare, detak jantung tidak normal, kejang, gagal ginjal, bahkan kematian.

4. Anggur dan kismis

Selanjutnya ada anggur dan kismis yang dapat menyebabkan gagal ginjal yang mengancam jiwa pada hewan. Ditrambah lagi dengan risiko tersedak karena tertelan.

5. Adonan ragi

Adonan ragi ternyata bisa memengaruhi sistem pencernaan hewan peliharaan dan menyebabkan gas berlebih sehingga membuat mereka sakit perut.

6. Daging, ikan, dan telur mentah atau setengah matang

7 Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Hewan Peliharan

Daging, ikan, dan telur mentah bisa menyebabkan keracunan makanan pada hewan peliharaan karena infeksi bakteri seperti Salmonella dan E. coli. Beberapa ikan mentah juga dapat mengandung parasit yang dapat menyebabkan hewan peliharaan Anda muntah, demam, dan mengalami pembesaran kelenjar getah bening.

7. Produk susu manusia

Produk susu manuisa dapat menyebabkan sakit perut dan diare pada hewan peliharaan karena mereka tidak memiliki sejumlah besar enzim laktase untuk memecah laktosa dalam produk susu Brava Listeners.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan dan Minuman Pemicu Vertigo Kambuh

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it