Aegea, Sedan Terbaru dari Fiat

108
Fiat Aegea
Fiat Aegea
Fiat Aegea
Fiat Aegea

Mempertahankan ciri khasnya yang mungil, Fiat meluncurkan koleksi terbarunya yang diberi nama Aegea. Mobil ini cocok untuk Anda yang sehari-hari berkutat dengan kepadatan lalu lintas.

Sedan empat-pintu Fiat Aegea ini sempat dipamerkan di Istanbul Motor Show 2015 beberapa waktu lalu. Mobil baru ini kemungkinan akan dijual secara global dalam waktu dekat. Fiat menyatakan, Aegea akan tersedia dalam model kompak hatchback dan estate. Namun, kemungkinan sedan ini tidak akan menggunakan nama Aegea, namun akan diberi nama baru pada saat peluncurannya nanti.

Aegea merupakan pengganti Fiat Linea. Sedan compact ini memiliki dimensi yang mirip dengan mobil-mobil sedan keluaran Jepang. Fiat Aegea memiliki panjang 4,5 meter, lebar 1,78 meter, tinggi 1,48 meter dan jarak wheelbase-nya 2,64 meter.

Desain Fiat Aegea ini dihiasi garis tebal pada bagian samping, kap mesin dan bagian atap. Bagian belakang terdapat spoiler yang terintegrasi lampu. Bagian depan Aegea menggunakan grille yang besar menonjol dibalut dengan krom yang menyatu rapi dengan lampu.

Pada bagian interiornya, Fiat Aegea lebih banyak menggunakan model yang mirip dengan Fiat 500X dan 500L seperti tombol AC, kemudi dan sistem entertainment. Tata letak konsol tengah juga mirip dengan Fiat lainnya seperti layar lima inci sentuh, Bluetooth, USB dan Aux input dan mounting pada kontrol kemudi sebagai fitur standar. Selain itu, Aegea juga dilengkapi dengan pilihan sistem navigasi satelit serta kamera mundur.

Di bawah kapnya, Aegea didukung oleh dua mesin diesel Fiat Multijet II dan dua mesin bensin yang memiliki output tenaga antara 94bhp dan 118bhp. Fiat mengklaim mobil terbarunya ini cukup ekonomis dalam hal pemakaian bahan bakar, yaitu 25km/liter. Mengandalkan penggerak roda depan, Aegea tersedia dalam transmisi manual dan otomatis.

Aegea didesain di Fiat Chrysler Automobiles (FCA) Center, Italia dan dikembangkan oleh Tofas R&D di Turki. Karena itulah, Turki direncanakan akan menjadi tempat peluncuran Fiat Aegea, November mendatang. Setelah dilaunching, Aegea akan dipasarkan ke lebih dari 40 negara di dunia. Sayangnya, belum ada kepastian apakah Fiat Aegea juga akan dijual di Indonesia tahun ini.

Jadi, Brava Listeners yang sudah tak sabar ingin memilikinya, sepertinya masih harus bersabar menunggu kepastian kedatangan Aegea ke Indonesia.

[Sumber: Autocar Indonesia | Foto: thetruthaboutcars.com]

Share it