Aksi Damai Wartawan di Papua, Jayapura

64

Siang hari di hari Rabu (17/10) puluhan wartawan di Papua dan sekitarnya telah melakukan unjuk rasa damai dengan beberapa anggota TNI.

Hal ini pun sebagai salah satu bentuk solidaritas dan keprihatian mereka atas kekerasan yang telah dilakukan anggota TNI AU pada lima wartawan di Riau pada hari Selasa (16/10) lalu pada saat meliput jatuhnya pesawat tempur Hawk200 di tempat tersebut.

Selain membentangkan beberapa spanduk yang berisi kata-kata solidaritas bagi sesama wartawan dan kecaman pada puhak TNI AU, wartawan di Papua juga telah melakukan beberapa orasi dan sempat menjadi pusat perhatian masyarakat pengguna jalan raya.

Pada saat aksi damai tersebut pun hadir pula, Frits Ramandey, sebagai Sekertaris Komnas HAM perwakilan Papua. Aksi damai ini telah diawali dengan jalan mundur memasuki arena Taman Imbi yang berada di depan kantor DPR Papua.

Salah satu wartawan yang turut mengikuti aksi damai itu adalah Alberth Yomo, selaku pemimpin redaksi majalah Hongi terbitan Papua mengatakan bahwa pihaknya menginginkan pelaku pemukulan itu harus dicopot jabatannya, tidak hanya meminta maaf saja kepada sang korban.

Di lain pihak Victor Mambor selaku ketua AJI Jayapura mengatakan dalam orasinya, bahwa dia mengutuk keras aksi premanisme yang telah dilakukan para pers itu.

Sumber: Media Indonesia

 

Share it