Apple Rilis iPad Mini dan iPad Air

43

Apple langsung mengumumkan kehadiran dua tablet itu di laman resminya berikut sejumlah perangkat lain, usai peluncuran di San Francisco, AS, Selasa minggu kemarin, waktu setempat.

iPad Air memiliki layar Retina 9,7 inci dengan berat hanya 1 pound (453,5 gram), atau 28 persen lebih ringan dan 20 persen lebih tipis dari iPad generasi empat.

Sedangkan iPad mini yang juga menggunakan teknologi Retina, berukuran layar 7,9 inci, dan diklaim Apple memiliki resolusi yang tetap sama dengan iPad Air yang berlayar lebih lebar.

Apple mengungkapkan, kedua iPad baru itu berfitur powerfull dan didukung chip A7 rancangan Apple yang efisien pemakaian daya, dengan arsitektur sekelas desktop 64-bit, koneksi wireless cepat serta konektivitas selular LTE yang telah ditingkatkan.

Kedua gadget terbaru tersebut juga sudah dijalankan dengan iOS 7 teranyar yang memiliki ratusan fitur baru.

Wakil Senior Presiden Worldwide Marketing Apple, Philip Schiller menjelaskan iPad Air dengan 9,7 inci layar retina beratnya hanya satu pound dan mengemas performa luar biasa iOS 7 dengan prosesor A7 Apple sekelas desktop 64 bit.

Apple juga telah menyematkan antena yang mendukung teknologi Multiple-In-Multiple-Out (MIMO) pada kedua tablet itu, yang memungkinkan performa WiFi-nya tiga kali lebih cepat dari versi sebelumnya dengan kemampuan transfer data di atas 300 Mbps.

Apple menyatakan teknologi LTE di dalamnya, untuk yang model dengan konektivis celular, sudah mengakomodasi jaringan LTE di seluruh dunia (DC-HSDPA, HSPA+), semuanya dalam model tunggal.

Dikabarkan juga selain merilis iPad Air dan iPad mini, Apple juga mengenalkan All New Mac Pro, aplikasi iWork dan iLife generasi lanjut untuk OS X dan iOS, serta mengumumkan ketersediaan OS X Mavericks mulai hari ini di Mac Apple Store, demikian kutipan dari Antaranews.

Share it