Apple Rilis Seri iPhone 14, Tak Bawa Banyak Perubahan

42

Apple baru saja meluncurkan seri iPhone 14 dalam Apple Event. Perubahan tak banyak dilakukan oleh Apple dalam merilis iPhone 14 dan iPhone 14 plus. Sementara itu, perubahan signifikan justru terjadi pada iPhone 14 versi “Pro” pada desain layar yang diusungnya.

iPhone 14 & iPhone 14 plus

Berbeda dengan versi “Pro”, iPhone 14 reguler masih menggunakan desain layar notch (poni). Notch ini digunakan untuk meletakkan sensor Face ID, sensor cahaya, speaker atas, dan lainnya.

Kamera selfie ultrawide iPhone 14 reguler ini beresolusi 12 MP dengan bukaan lensa (aparture) f/1.9. Apple mengeklaim kamera depan iPhone 14 memiliki peningkatan 49 persen untuk memotret objek di lingkungan minim cahaya.

Apple juga menyebut Night Mode dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Selain itu, iPhone 14 juga dibekali TrueDepth camera dengan autofokus.

“Sistem kamera iPhone 14 membawa banyak peningkatan. Peningkatan low-light lebih cepat dua kali lipat untuk kamera depan dan kamera ultrawide,” jelas Caron Thor, Senior Manager, Camera Image Quality Apple.

Fitur lain yang ditambahkan oleh Apple di iPhone 14 dan 14 plus adalah Deep Fusion dan Photonic Engine untuk meningkatkan kualitas gambar di kondisi minim cahaya dan proses rendering warna. Untuk perekaman video, Apple membekali iPhone 14 dengan mode stabilitator yang disebut Action Mode.

Sayangnya, iPhone 14 reguler masih menggunakan chipset Apple A15. Diketahui, chip A15 sendiri telah digunakan Apple pada iPhone 13 series.

Untuk harganya, iPhone 14 dijual mulai dengan harga 799 dollar AS atau sekitar Rp 11,9 juta (kurs Rp 14.800), sedangkan iPhone 14 Plus dijual mulai US$899 atau Rp13,5 juta. Pemesanan bisa dilakukan pada 9 September dan akan dikirimkan ke pembeli mulai 16 September.

iPhone 14 Pro & iPhone 14 Pro Max

Apple membawa perubahan besar pada iPhone 14 Pro & iPhone 14 Pro Max. Salah satunya yang paling menonjol adalah pada bagian notch yang tidak menyatu dengan dahi seperti generasi sebelumnya.

Menariknya, notch di iPhone 14 Pro & iPhone 14 Pro Max ini akan bisa berubah bentuk dan ukuran, dengan sistem Dynamic Island. Hal ini menyesuaikan dengan pengoperasian pengguna iPhone.

“Bubble notch bisa berpindah dan berubah ukuran, menyesuakan pengoperasian iPhone,” kata Greg Joswiak, SVP, Worldwide Marketing Apple.

iPhone 14 Pro memiliki layar 6,1 inci, sementara iPhone 14 Pro Max dibekali layar 6,7 inci. Berbeda dengan versi reguler, iPhone 14 Pro & iPhone 14 Pro Max disematkan chipset A16 memiliki enam inti CPU yang disebut mampu menghemat daya hingga 20 persen. Chip ini juga mendukung kelancaran fitur Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Di bagian kamera, iPhone ntuk pertama kalinya membawa kamera ProRAW beresolusi 48 MP, dari dukungan maksimal sebelumnya hanya 12 MP di model “Pro”. Apple mengklaim membawa dua kali peningkatan untuk pengambilan gambar low-light.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tersedia dalam warna Space Black, Silver, Gold, dan Deep Purple. iPhone 14 Pro dijual mulai 999 dollar AS (sekitar Rp 14,8 juta), sementara iPhone 14 Pro Max dijual mulai 1.099 dollar AS (sekitar Rp 16,3 juta). Keduanya bisa dipesan mulai 9 September dan tersedia mulai 16 September.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it