Arab Saudi Beri Kesempatan Pemodal Asing

57

Hal ini dilakukan sebagai langkah diversifikasi ekonomi oleh Arab Saudi.

Dilansir dari kantor berita SPA, kabinet Arab resmi memberikan izin bagi lembaga keuangan asing untuk memperdagangkan sahamnya di Tadawul All Share Index (SASEIDX). Rencananya pasar modal untuk asing akan mulai dibuka pada pertengahan 2015 mendatang.

Otoritas Pasar Modal Arab Saudi (CMA) bulan depan akan menerbitkan aturan partisipasi lembaga keuangan asing yang ingin masuk ke pasar modal Arab.

Seperti diketahui bersama, Arab Saudi selama ini menjaga ketat para investor asing yang ingin mengakses pasar modal di negara tersebut. Tujuan utama Arab Saudi menghapus sistem demikian karen mengejar rencana belanja senilai 130 miliar dolar AS ditambah pemerintah Arab ingin meningkatkan industri nonminyak.

CMA telah merancang seperangkat aturan bagi investor internasional lebih dari setahun lalu. Aturan tersebut salah satunya membatasi aset yang dikelola perusahaan sebesar lima miliar dolar AS. Perusahaan tersebut juga sudah harus beroperasi selama lima tahun.

Sejauh ini sudah ada 3 bank yang melakukan uji perdagangan. Dua di antaranya adalah HSBC Holdings Plc dan Deutsche Bank AG.

Indeks Arab Saudi diperdagangkan 14,4 kali estimasi pendapatan selama 12 bulan ke depan. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan negara berkembang sebesar 11,1 kali. Namun, masih lebih rendah dibandingkan Uni Emirat Arab sebesar 15,2 kali. Produk Domestik Bruto (PDB) Arab Saudi diperkirakan tumbuh 4,2 persen tahun ini. Tahun lalu, negara tersebut hanya tumbuh 3,8 persen.<< [Teks @shintaasarass |Foto mobileinvestmentclinic.com]

Share it