Arfandi Arief: dari asuransi konvensional ke asuransi syariah

370

10009872_10153145729443071_902807090174053316_n

Arief Arfandi (Direktur Utama PT Asuransi Takaful Umum) kali ini bercerita di Program The Captain mengulas tentang pijakan kariernya di PT Asuransi Takaful Umum.

Sebelumnya Angki (sebutan akrab Arfandi Arief) bekerja di beberapa perusahaan asuransi konvensional hampir 30 tahun. Kini ia beralih ke asuransi berbasis syariah. Asuransi Takaful Umum sekarang ini mengelola sebesar 23 miliar rupiah.

Indonesia memang dinilai memiliki potensi sebagai pusat perkembangan keuangan syariah global. Namun ketika melihat penetrasi GEP masih terbilang jauh. Menurut Angki sosialisasi dan pengetahuan mengenai pengelola keuangan yang berbasis syariah ini masih minim. Angki juga berpikir positif bahwa Indonesia masih memiliki potensi untuk mengembangkan asuransi syariah.

“Biasanya setelah ada promosi, keingintahuan orang terhadap industri syariah ini harusnya difollow up. Sehingga bisa diketahui lebih lanjut mengenai minat dan demand masyarakat,” tutur Angki.

Berbeda dengan asuransi konvensional, Takaful Umum adalah asuransi yang berbasis syariah, menganut akad wakalah. Angki mengemukakan bawa perbedaannya ialah konsep yang diusung. Jika perusahaan konvensional melakukan take over resiko saat terjadi kerugian pada customer dan ketika dananya kurang pasti akan ditalang oleh perusahaan. Asuransi Takaful tidak ada pengalihan resiko. tetapi membantu nasabah mengelola resikonya dan terbebas dari azas riba.

Definisi bisnis yang selalu dipegangnya ialah: sidiq, amanah, fatanah, dan tabligh.

Melihat potensi anak muda yang kian bertumbuh, Angkii pun berharap agar anak muda memiliki kesadaran untuk tergabung dalam asuransi yang berbasis syariah.

Share it