Awal Tahun Depan The Fed Kurangi Stimulus Moneter

21

Rencananya, The Fed akan mengeluarkan 75 miliar dolar AS per bulan untuk pembelian obligasi mulai Januari, turun dari 85 miliar dolar AS per bulan yang telah dibelanjakan selama satu tahun dalam upaya untuk menurunkan suku bunga jangka panjang guna merangsang pertumbuhan dan pekerjaan.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengatakan setelah pertemuan kebijakan moneter dua hari mereka. “Sehubungan dengan kemajuan kumulatif ke arah lapangan pekerjaan maksimum dan perbaikan dalam prospek kondisi pasar tenaga kerja, Komite memutuskan untuk mengurangi secara moderat laju pembelian aset,” ungkap FOMC dalam sebuah pernyataan.

Memperhatikan pemotongan belanja pemerintah federal sejak awal program pembelian aset saat ini, FOMC mengatakan “melihat peningkatan kegiatan ekonomi dan kondisi pasar tenaga kerja selama periode tersebut sebagai konsisten dengan kekuatan yang mendasari pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.”

The Fed memproyeksikan dalam prakiraan ekonomi terbaru, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) antara 2,8 persen hingga 3,2 persen, sepuluh poin lebih luas daripada kisaran 2,9-3,1 persen yang diproyeksikannya pada September.

Selain itu, The Fed memproyeksikan tingkat pengangguran yang saat ini mencapai 7,0 persen, sebuah peningkatan dari estimasi sebelumnya 6,4-6,8 persen, akan jatuh menjadi ke kisaran 6,3-6,6 persen pada akhir tahun depan.

Seperti yang diperkirakan secara luas, Bank sentral mempertahankan suku bunga utamanya pada 0-0,25 persen, yang telah bertahan selama lima tahun untuk mendukung pemulihan ekonomi AS dari resesi, demikian lapor AFP yang dilansir dari Antara.

Share it