Fakta menarik tentang pahlawan Indonesia

1515
Soekarno Freestyle dengan Sepeda Tuanya
Soekarno Freestyle dengan Sepeda Tuanya | sumber rosodaras.files.wordpress.com

Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, seharusnya mendorong para pemuda dan pemudi Indonesia untuk lebih mengenal sejarah Indonesia.

Sejarah Indonesia tidak bisa lepas dari perjuangan para pahlawan. Berikut fakta-fakta menarik tentang para pahlawan di Indonesia.

 

1. Usman Harun merupakan nama 2 orang

Usman & Harun
Usman & Harun | sumber brava

Usman Harun yang namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Prapatan yang ada di sekitar Tugu Tani hingga persimpangan Senen.

Usman Harun sendiri merupakan nama 2 orang pahlawan, yaitu Usman dan Harun Said. Mereka berdua dikirim ke Singapura pada tahun 1965 untuk menyabotase kepentingan Malaysia dan Singapura yang berakhir dengan pengeboman MacDonald House di Orchard Road.

 

2. Sutomo atau Bung Tomo

Bung Tomo
Bung Tomo | youthmanual.com

Bung Tomo memang terkenal karena orasinya yang menggebu-gebu sehingga membuat masyarakat, namun dibalik semangatnya yang menggebu-gebu, ternyata beliau tidak tamat sekolah.

Selain tidak tamat sekolah, ternyata beliau wafat saat berada di Mekkah, saat beliau menunaikan ibadah haji pada 7 Oktober 1981.

Namun, jenazahnya hanya dimakamkan di pemakaman umum di Surabaya, baru pada 10 November 2008 gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada beliau.

 

3.  Bung Karno

Soekarno Freestyle dengan Sepeda Tuanya
Soekarno Freestyle dengan Sepeda Tuanya | sumber rosodaras.files.wordpress.com

Ir.Soekarno atau yang lebih dikenal dengan Bung Karno merupakan Presiden pertama sekaligus Founding Father Indonesia.

Tentu semua orang tahu mengenai keunikan dan gaya nyentriknya, namun tahukah anda bahwa Bung Karno sangat menyukai sepeda?

Beliau bahkan pernah amat marah saat sahabatnya sendiri tidak sengaja menabrakkan sepedanya ke dinding.

[teks Bimo Wicaksana / sumber berbagai sumber | foto tertera]

Share it