Berisi Ribuan Mobil Mewah, Kapal Kargo Terbakar di Samudra Atlantik

28
Berisi Ribuan Mobil Mewah, Kapal Kargo Terbakar di Samudra Atlantik

Kapal kargo yang mengangkut ribuan mobil mewah terbakar di Samudra Atlantik tepatnya di lepas pantai Kepulauan Azores Portugal. Kapal yang bernama Felicity Ace, tengah mengangkut sekitar 4.000 unit mobil dari berbagai brand di bawah perusahaan Volkswagen Group seperti Volkswagen, Porsche, Audi, Bentley, Lamborghini dan beberapa unit mobil listrik bertenaga baterai lithium ion.

Kapan Felicity Ace berjenis roll on/roll off atau Roro milik perusahaan Mitsui OSK Line (MOL) yang sedang berlayar dari Emden, Jerman, menuju Davisville, Rhode Island, Amerika Serikat telah berlayar pada 10 Februari dan akan tiba pada 23 Februari waktu Amerika Serikat.

Berisi Ribuan Mobil Mewah, Kapal Kargo Terbakar di Samudra Atlantik

Joao Mendes Cabecas, selaku panglima pelabuhan atau syahbandar terdekat di Pulau Faial, yang berada di perairan Azores, menyatakan sejumlah mobil listrik membuat api sulit dipadamkan. Sehingga petugas harus membawa peralatan khusus untuk memadamkan api.

“Kekhawatiran kami adalah polusi di lautan, karena kapal memiliki bahan bakar dalam jumlah besar, ditambah baterai mobil, tetapi sejauh ini belum ada polusi,” tambah Joao mnegutip dari Automotive News.

Berisi Ribuan Mobil Mewah, Kapal Kargo Terbakar di Samudra Atlantik

Sampai saat ini Joao Mendes Cabecas belum mengetahui apakah baterai mobil listrik menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Pasalnya kobaran api cepat menjalar ke bagian tangki bahan bakar kapal.

Ketika intensitas api mulai mengecil, tim pemadam kebakaran dan teknisi menaiki kapal Feicity Ace untuk membawa barang yang tersisa ke dermaga.

Volkswagen melaporkan, ada 3.965 unit kendaraan yang berada di atas kapal serta sekitar 1.100 unit Porsche dan 189 unit Bentley ada di dalamnya. Audi juga telah memberikan keterangan bahwa ada beberapa kendaraan mereka yang dikapalkan di Felicity Ace. Namun belum menyebut pasti berapa jumlahnya.

 

Penulis: Fadiasyah Putranto

Share it