Berlian Biru Terbesar di Dunia Laku Seharga Rp 834 Miliar

215
Berlian Biru Terbesar di Dunia Laku Seharga Rp 834 Miliar

Beberapa waktu lalu berlian terbesar di dunia yang sempat dilelang, kini laku seharga 450.925.000 dolar Hongkong atau sekitar Rp 834 miliar.

Berlian Bernama “The De Beers Cullinan Blue,” permata step-cut 15,10 karat besar yang ditawarkan di rumah lelang Sotheby’s di Hong Kong itu terjual setelah adanya perang penawaran selama delapan menit yang melibatkan empat orang pembeli.

Berlian Biru Terbesar di Dunia Laku Seharga Rp 834 Miliar

Hingga pada akhirnya, lelang tersebut dimenangkan oleh seorang pembeli anonim melalui sambungan telepon dengan jumlah yang melampaui perkiraan harga awal sebesar 48 juta dolar AS atau sekitar Rp 696 miliar.

Berlian bir terbesar di dunia ini merupakan batu permata langka yang ditemukan di tambang Cullinan Afrika Selatan pada tahun 2021 lalu, dan langsung meraih peringkat tertinggi dalam penilaian berlian berwarna. Sotheby’s, Gemological Institute of America atau GIA telah mengklasifikasikan permata itu sebagai “fancy vivid blue” alias tingkat warna teratas yang diberikan kepada tidak lebih dari 1 persen berlian biru yang diserahkan ke organisasi tersebut.

Berlian Biru Terbesar di Dunia Laku Seharga Rp 834 Miliar

Sotheby menambahkan bahwa hanya ada lima permata lebih dari 10 karat yang pernah muncul di lelangnya dan tidak ada yang lebih dari 15 karat. Dengan hal tersebut, kehadiran permata biru ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah dalam dunia lelang.

Baca Juga: Daftar Boneka Barbie Lawas Termahal di Dunia

The De Beers Cullinan Blue juga hampir memecahkan rekor berlian biru termahal yang pernah dijual di lelang. Hingga kini, gelar itu masih dipegang oleh “Oppenheimer Blue” 14,62 karat, yang terjual dengan harga 835 miliar rupiah.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it