BI Umumkan Uang NKRI Baru

45
uang nkri

Rencananya uang NKRI ini akan mulai diedarkan pada 17 Agustus bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69.

Dilansir dari Antara, pihak BI menyatakan bahwa secara umum desain rupiah kertas pecahan Rp 100.000 tahun emisi 2014 tidak memiliki perubahan yang signifikan dibandingkan dengan uang pecahan Rp 100.000 yang beredar saat ini.

Perbedaan yang paling utama antara lain dikenali dari frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada bagian muka dan belakang uang, penandatanganan uang dari yang sebelumnya Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia menjadi Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan.

Penggunaan frasa NKRI serta tanda tangan Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan mewakili pemerintah Indonesia dalam uang rupiah kertas itu, menegaskan makna filosofis rupiah sebagai simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesia.

Meski uang rupiah kertas pecahan Rp 100.000 tahun emisi 2014 akan segera diberlakukan namun uang rupiah kertas pecahan Rp 100.000 tahun emisi 2004 masih tetap berlaku sepanjang uang tersebut belum dicabut dan ditarik dari peredaran. <<[Teks @shintaasarass|Foto bi.go.id]

 

Share it