Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Ditaksir Tembus Hingga Rp 100 T

18679

Warga Inggris berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II di usia 96 tahun pada Kamis, (8/9/2022). Sebagai Queen of England yang telah memimpin selama 70 tahun, pemakaman Ratu Elizabeth II akan menelan biaya fantastis hingga triliunan.

Jenazah Ratu Elizabeth II disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari agar masyarakat dapat memberikan penghormatan. Publik pun berkesempatan dapat melihat peti mati dari Ratu Elizabeth II selama 23 jam per hari.

Nantinya, pemakaman Ratu Elizabeth II akan digelar pada 19 September mendatang di Westminster Abbey. Istana Buckingham pun telah menyiapkan biaya pemakaman Ratu Elizabeth II, yang sudah diatur sebelumnya oleh pihak Istana apabila ada ratu atau raja Inggris yang meninggal.

Acara pemakaman Ratu Elizabeth II ini akan dihadiri sebanyak 2.000 tamu undangan khusus. Selain itu, pemakaman tersebut juga disiarkan melalui televisi dan diperkirakan akan ditonton oleh jutaan orang.

Menurut laporan, pemakaman serta penobatan Raja Charles III sebagai pewaris tahta kerajaan Inggris akan menelan biaya produk domestik bruto sekitar 6 miliar pound sterling atau Rp 103 triliun. Ini akan menjadi pemakaman terbesar sepanjang sejarah dunia.

Sewaktu Putri Diana meninggal dunia, biaya pemakamannya mencapai US$ 11,8 juta atau saat ini setara Rp 174 miliar (kurs Rp 14.800) pada 1997.  Pemakaman mendiang ibu Ratu Elizabeth menelan biaya lebih dari 5 juta pound sterling atau kini setara Rp 85,9 miliar (kurs Rp 17.190) pada 2002.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it