BIN Koordinasi dengan CIA dan FSB Guna Amankan 20 Kepala Negara di KTT APEC

47

Kepala BIN Marciano Norman di Nusa Dua, Bali, Senin (7/10/2013) Mengungangkapkan, bahwa pihaknya bekerja sama dengan lembaga intelijen lain, termasuk dua Lembaga intelijen tersebut.

Seperti yang diketahui, sebanyak 20 pemimpin negara dari 21 negara anggota APEC hadir dalam pertemuan puncak di Nusa Dua Bali. Presiden AS Barack Obama absen lantaran harus mengawasi pembahasan anggaran di kongres AS.

Sebagai penggantinya, Obama mengutus Menlu John Kerry untuk hadir di pertemuan tingkat leaders. Nama terakhir pun mendapatkan pengawalan ketat, meski tidak seketat dengan pengawalan untuk Obama.

Karena ketidakhadiran Obama datang, Presiden Rusia Vladimir Putin batal bertemu dengan counterpart-nya tersebut. Putin datang bersama 19 kepala negara lain dan disambut hangat oleh Presiden SBY.

Leaders meeting yang diikuti oleh 21 kepala negara atau pemerintahan di Asia Pasifik dilakukan pada Senin dan Selasa ini. Pertemuan dipimpin langsung oleh Ketua APEC 2013 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pertemuan puncak itu membahas rekomendasi dari pertemuan di tingkat menteri yang dilakukan pada Jumat dan Sabtu pekan lalu. Pertemuan dilakukan di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali dengan pengamanan yang cukup ketat. Demikian kabar yang dilansir dari Detik.com.

Share it