Black Box di Mobil Mulai Diwajibkan

18

 

 

 

Brava Listeners, tentunya Anda lebih mengenal istilah Black Box ini pada pesawat-pesawat terbang, namun kini lebih dari 90persen dari seluruh kendaraan yang telah dijual di Amerika Serikat juga sudah dilengkapi dnegan peralatan perekam data tersebut. Diwajibkannya black box di dalam mobil-mobil adalah sebauh usulan dari Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalar Raya AS (NHTSA). Hadir semenjak tahun 1990-an, black box sendiri sudah ada di kendaraan hasil produksi Ford, General Motors, Mazda dan Toyota. 

Pada saat ini proposal pengaplikasian black box ini pun sudah sampai di Gedung Putih untuk ditinjau lebih lanjut. Sayangnya yang menjadi kendala adalah black box tersebut dimiliki oleh satu produsen mobil saja dan tidak kompatibel dengan black box dari kendaraan lain. Oleh karena itulah aka nada keslitan bagi para aparat terkait jika ingin melakukan penyelidikan kecelakaan.

Dengan alasan itulah NHTSA akhirnya menyusun sebuah aturan baru yang kan menjadi sebuah standar baku dalam pembuatan alat perekam kejadian.

Sumber: Media Indonesia

 

 

 

 

Share it