Blackberry Priv, Pertama Pakai Android

206

Untuk pertama kalinya Blackberry menciptakan smartphone yang dijalankan dengan sistem operasi Android. Smartphone bernama Blackberry Priv ini memiliki ciri yang khas.

Kalah bersaing dari Android dan iOS di sektor operating system (OS) membuat Blackberry terpaksa mengalah. Ini terbukti dari Blackberry Priv yang baru dirilis produsen gadget asal Kanada itu. Blackberry Priv tak lagi menggunakan Blackberry OS, tapi memilih Android sebagai sistem operasi smartphone tersebut. Maka, jadilah Blackberry Priv sebagai smartphone Android yang menjalankan semua aplikasi Android termasuk aplikasi-aplikasi Google.

Namun, dalam hal lain smartphone ini memiliki banyak kelebihan atau minimal sangat khas Blackberry. Berikut ini beberapa keunggulan yang membedakan Blackberry Priv dengan smartphone Android lain yang berada di segmen yang sama, seperti dikutip dari The Verge:

1. Android dengan rasa berbeda

Meski sudah menggunakan sistem operasi Android secara penuh, Blackberry tetap menyisakan ruang identitasnya sendiri pada Priv. Maka, Anda mungkin akan menemukan tampilan yang berbeda dibandingkan smartphone Android pada umumnya.

2. Desain hardware eksklusif

Blackberry tak mau setengah-setengah menciptakan smartphone Android pertamanya ini. Maka, Priv pun dibuat dengan desain yang impresif. Sekilas mungkin smartphone dengan layar 5,4 inchi ini tampak biasa saja. Namun, jika layar tersebut di geser ke atas, maka Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda. Mau tahu apa itu? lihat pembahasannya di nomer 3.

3. Keyboard fisik

Smartphone-smartphone Android dan iPhone seakan memaksa pengguna untuk membiasakan diri menggunakan keyboard touchscreen. Tapi Blackberry mencoba mengerti kesulitan yang dialami pengguna saat menggunakan keyboard touchscreen seperti sering typo. Maka, Blackberry tetap menyediakan keyboard fisik pada Priv agar pengguna lebih mantap saat mengetik. Fitur inilah yang akan Anda temukan saat menggeser screen Priv ke atas. Dengan keyboard fisik ini, pengguna juga bisa melihat layar secara penuh, tak seperti smartphone tanpa keyboard fisik yang layarnya akan terpotong tampilan keyboard saat mengetik. Uniknya, keyboard fisik Blackberry Priv juga bisa berfungsi seperti layar sentuh. Anda bisa memindahkan kursor hanya dengan menggeser jari Anda di atas deretan keyboard.

Meski Blackberry Priv belum masuk ke Indonesia, setidaknya pembahasan di atas bisa memberikan sedikit bocoran bagi Anda yang penasaran memiliki Blackberry ber-OS Android.

[Teks: @moehakam | Foto: Ubergizmo.com]

Share it