Cadangan Devisa Indonesia Meningkat

70

Menutup tahun 2014 kemarin, sebelum libur di pekan kedua Januari tahun ini, Bank Indonesia menyampaikan bahwa cadangan devisa Indonesia di akhir Desember 2014 senilai US$111,9 miliar.

Nilai itu lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya US$99,4 miliar dan lebih baik dari bulan sebelumnya, November senilai US$111,1 miliar.

Peningkatan cadangan devisa ini dipengaruhi oleh penerimaan devisa hasil ekspor migas, penarikan pinjaman luar negeri Pemerintah, dan penerimaan Pemerintah lainnya dalam valuta asing yang melebihi pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri Pemertinah dan kebutuhan devisa dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah.

Selain itu ada faktor lainnya yang juga mendukung kenaikan cadangan devisa ini yaitu meningkatnya simpanan valuta asing dan swap bank-bank dengan Bank Indonesia.

Menurut penilaian Bank Indonesia, dengan kondisi cadangan devisa seperti ini, mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan. [teks @shintaasarass | foto ist]

Share it