Canggih! Indonesia Produksi Drone ‘Bunuh Diri’

143

Indonesia saat ini sedang memproduksi pesawat tanpa awak alias drone kamikaze untuk misi bunuh diri  atau drone kamikaze. Drone ini ternyata juga pernah dipakai oleh Rusia untuk menyerang kota Kyiv di Ukraina.

Drone kamikaze dipamerkan dalam pameran industri pertahanan internasional terbesar se-Asia Tenggara, Indo Defence 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta 2-3 November. Senior development product and process development of ammunition innovation division PT Pindad, Saraswaty, mengungkapkan drone ini mempunyai sistem seperti misil.

“Kamikaze drone itu sistemnya seperti misil, karena di dalamnya drone atau war head-nya kita bisa tambahkan explosive,” kata Saraswaty dilansir dari CNCB Indonesia.

Drone kamikaze inimaksimal  bisa diisi dengan bahan peledak sebanyak 0,8 kg TNT atau RDX.Drone dengan nama Minibe tersebut juga dapat menempuh jarak terbang 25 km dengan kecepatan 250 km per jam.

Drone kamikaze masih dalam tahap pengembangan yang dibuat oleh PT Pindad. Nantinya, drone tersebut akan dijual setelah melalui proses sertifikasi.

“Sekarang masih tahap prototipe setelah lebih baik kita masuk ke tahap selanjutnya. Baru sertifikasi untuk dijual,” kata Saraswaty.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Kunci Juara Dunia MotoGP 2022

Diketahui, drone kamikaze pernah digunakan Rusia untuk menyerang kota Kyiv, (17/10/2022) lalu. Ketika itu, drone yang dipakai adalah produksi Iran berjenis Shahed – 136.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it