Cara Atasi Kebotakan

38
kebotakan

Penyebab masalah ini bisa jadi sangat sepele, seperti pengaruh polusi, sinar ultraviolet, atau radikal bebas. Atau, bisa juga disebabkan oleh faktor hormonal, nutrisi, penggunaan obat-obatan, dan gangguan emosional (stres).

Hilangnya rambut dapat dikategorikan menjadi dua jenis. Pertama, hairfall, problem kerontokan yang terjadi karena rambut rapuh, dan melebihi batas normal. Dan kedua, hairloss, rambut rontok yang terjadi karena faktor usia, genetik, hormon, atau infeksi kulit.

Kerontokan rambut normal terjadi karena rambut juga mempunyai siklus kehidupan tersendiri. Pada kulit kepala yang sehat, sehelai batang rambut umumnya berumur antara 3-5 tahun dengan rata-rata 20 kali regenerasi pertumbuhan rambut baru pada satu pori kulit kepala. Setiap bulan rambut tumbuh sepanjang 1-2 cm dengan kondisi kulit kepala sehat.

Kerontokan akan menjadi hal yang mengkhawatirkan jika jumlah helai rambut rontok melebihi ambang batas normal, yaitu sekitar 50-100 helai per hari. Kondisi ini tak selalu sama pada tiap orang. Namun, apabila rambut sudah mulai rontok, berapapun jumlahnya, perlu diwaspadai dan dilakukan tindakan pencegahan. Terutama jika mulai memperlihatkan gejala awal terjadinya penipisan kepadatan rambut di beberapa area. Bahkan, mungkin saja di seluruh bagian kepala.

Pada pria, rontoknya rambutnya tidak banyak namun yang rontok tidak diikuti oleh tumbuhnya rambut baru dalam jumlah yang sama sehingga tanpa disadari kerontokan rambut menjadi penyebab kebotakan. Ini bisa disebabkan karena keturunan.

Secara khusus, ada tanda yang dapat kita ketahui bahwa rambut mengalami kerontokan berlebihan. Antara lain, rambut yang mudah terpatah saat kita sisir. Problem buruk ini juga bisa terlihat di saat Anda bangun tidur dan menemukan helai-helai rambut di bantal Anda. Apabila gejala awal kerontokan mulai terlihat, segera konsultasikan dengan dokter dan lakukan rangkaian perawatan yang tepat sesuai dengan hasil diagnosa. Perawatan yang efektif untuk mengaktifkan kembali pertumbuhan akar rambut, meningkatkan kepadatan helai rambut, memperkuat akar rambut, dan memperpanjang umur rambut serta mencegah penuaan dini pada folikel rambut.

Pengobatan dan pencegahan rambut rontok dapat dilakukan secara sistemik dan lokal. Pengobatan dan pencegahan secara sistemik antara lain dengan minum obat anti androgen. Sedangkan secara lokal adalah dengan memperbaiki aliran darah, memperbaiki kelenturan kolagen dan memperbaiki nutrisi akar rambut.

Sumber: fitnessformen.co.id

Share it