Cegah Infeksi HPV

48
firus

Virus Human Papilloma Virus (HPV) memang patut dihindari. Entah itu wanita maupun pria. Sebab infeksi virus ini bisa menyebabkan penyakit fatal, mulai dari kanker serviks, kanker vulva vagina, kanker anus, kanker mulut dan tenggorokan, kanker penis, sampai kutil kelamin.

Masyarakat pun dihimbau mewaspadai bahaya infeksi HPV. Dan langkah terbaik menghadapinya dengan melakukan vaksinasi HPV sejak dini.

“Mengingat tingginya angka kejadian virus HPV di Indonesia, vaksinasi HPV adalah tindakan pencegahan yang paling efektif terhadap infeksi HPV — entah itu virus HPV tipe 16 dan 18. Sebab dengan divaksinnya seseorang, itu akan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus HPV. Sehingga ia bisa terbebas dari kanker serviks, kanker vulva vagina, kanker anus, kanker mulut dan tenggorokan, kanker penis, sampai kutil kelamin,” jelas dr. Andi Darma Putra, Sp.OG (K) Onk, staf pengajar Obstetri dan Ginekologi di FKUI-RSCM dalam acara seminar yang bertema Waspadai Human Papilloma Virus (HPV), Jangan Tunda Lakukan Vaksinasi, di Restoran Bebek Bengil, Jakarta Pusat, Selasa ( 14/10/2014).

Kenapa vaksinasi sejak dini penting? Karena saat penyakit akibat infeksi HPV sering menurunkan kualitas hidup seseorang, pengobatannya sangat mahal, dan kemungkinan besar mereka yang terinfeksi HPV terkena pada usia produktif – di atas 20 tahun – atau yang sudah mulai melakukan aktivitas seksual. 

Oleh karenanya, melakukan vaksinasi sejak dini sangat penting agar semua orang bebas dari infeks HPV, tandas dr. Andi.

 

Sumber: fitnessformen.co.id

 

Share it