Chinatown in Manchester

82

Namun Manchester juga memiliki Chinatown, yang terletak di pusat kota Manchester, berpusat di Jalan Faulkner. Kawasan ini berdiri tepat di belakang balai kota, dimana setiap harinya dipadati banyak orang.

Restoran mendominasi daerah ini.

Terdapat juga Ada supermarket oriental, toko obat China dan kasino. Salah satu restoran yang menjadi salah satu yang terfavorit adalah Little Yang Sing dengan menu andalan dim sum. Yang Sing tergolong restoran tua, generasi kedua yang hadir di Chinatown Manchester, yang berdiri pada 1978. Restoran China pertama berdiri di Manchester, Ping Hong di Jalan Mosley, pada 1948.Kemudian Willow Garden pada 1962, Kwok Man pada 1972, Charlie Chan pada 1973, Woo Sang pada 1976, dan restoran Cina paling terkenal di Eropa, Yang Sing 1978.

Yang datang ke resto ini tidak hanya orang-orang Cina yang tinggal dan kebetulan datang ke Manchester, warga lokal, pendatang, imigran lain pun turut datang. Untuk tiga hingga empat sajian makanan, harga yang ditawarkan berkisar 24-30 poundsterling.

Etnis Cina masuk ke Manchester pada 1940-an, usai Perang Dunia Kedua. Mereka masuk lebih awal ke London dan Liverpool, dan kemudian ke Manchester. Etnis Tionghoa yang datang kebanyakan berasal dari Hong Kong yang karena berbagai alasan hijrah ke Inggris. 

Barongsai dan kebudayaan Cina pun dikenalkan di kawasan ini Chinatown Manchester ini. Setiap perayaan Tahun Baru China, festival barongsai dan budaya Cina pasti digelar. Dan pastinya dipadati oleh pengunjung dari seluruh dunia. 

 

Sumber: viva.co.id

Share it