David Bowie Desak Skotlandia Tetap Bersama Inggris Raya

24

Bowie tidak hadir di O2 Arena, London, untuk menerima penghargaannya sebagai penyanyi tunggal pria, namun penyanyi berusia 67 tahun yang sudah menarik diri dari keramaian itu mengirimkan pesan yang dibacakan model Kate Moss.

Pesannya berisi, “Skotlandia, tinggallah bersama kami”.

Sebagaimanya dinyatakan harian The Sun, yang menjadikan kutipan itu berita utama di halaman depan, pernyataan itu cepat diambil pendukung pro-penyatuan.

Inggris Raya (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland) terdiri dari Kerajaan Inggris Raya, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, dengan kepala negara/kerajaan adalah Ratu Elizabeth II. 

Menteri Tenaga Kerja Inggris, Jim Murphy, merespon dengan “berkicau” di akun twitter-nya, “David Bowie menyampaikan pesan. Kini Anda bisa kembali ke Skotlandia.”

Melebihi penyanyi Welsh, Tom Jones, yang menerima penghargaan terhormat itu atas sumbangsihnya di dunia musik pada 2003 saat berusia 62 tahun, Bowie menjadi penerima penghargaan yang berusia paling tua sekarang.

Naiknya dukungan untuk otonomi sejak referendum tahun 1997, ditunjukan oleh jajak pendapat, dan kini menangani sendiri masalah pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kehakiman.

Meski demikian, parlemen Inggris di London masih mempertahankan masalah pertahanan dan kebijakan luar negeri. Demikian kabar yang dilansir Antara.

Share it