Demo Buruh Lumpuhkan Pusat Kota Jakarta

32

Seperti yang dilansir dari Antaranews.com, massa dari beberapa sarikat pekerja seperti Federasi Sarikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KPSI) serta berbagai serikat pekerja lainnya menjejali jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Negara.

Diketahui saat ini, jalur Medan Merdeka Barat menuju Istana Negara sama sekali tidak bisa dilewati kendaraan karena dijubeli pendemo, sedangkan dari jalur sebaliknya, demonstran menggunakan jalur Transjakarta.

Berbagai macam spanduk yang mereka bawa, diantaranya para burh membawa spanduk dan poster bertuliskan nama kelompok yang menaungi mereka serta poster bertuliskan “Jangan Miskinkan Buruh”. Selai itu mereka juga meneriakan berbagai yel-yel.

Para buruh ini menuntut pemerintah menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) hingga Rp3,7 juta per bulan setelah kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat daya beli mereka menurun.

Seorang orator sempat meneriakan sebuah pertanyaan tentang nasib mereka dengan semua dampak dari kebijakan pemerintah yang menyebabkan berbagai tekanan untuk mereka.

Buruh menuntut kenaikan 50 persen UMP yang didasari dari perhitungan mereka terhadap 84 item Komponen Hidup Layak (KHL).

Share it