Dolar Naik Tipis di Perdagangan Asia

33

Tokyo – Dolar sedikit menguat di perdagangan Asia Jumat karena kehati-hatian investor menyesuaikan posisi mereka setelah lonjakan unit mata uang itu baru-baru ini.

Mata uang AS berada di 102,27 yen pada awal perdagangan Asia dibanding 102,22 yen pada penutupan di New York Kamis. Euro dibeli 1,2868 dolar dan 131,57 yen dibanding 1,2886 dolar dan 131,72 yen di perdagangan AS.

Pada awal perdagangan di Tokyo, dolar sempat merosot mendekati tanda 102-yen tetapi kemudian “rebound” menjelang siang.

Dukungan untuk dolar adalah perusahaan karena ada banyak pemain, termasuk importir, bersedia membeli di tengah rally baru-baru ini, kata pialang.

Setiap jatuh ke level 101 bisa menyajikan “kesempatan yang sempurna bagi mereka menunggu kesempatan untuk membeli dolar,” Marito Ueda, senior managing director di FX Perdana Corp mengatakan kepada Dow Jones Newswires.

Namun, para investor menyesuaikan posisi mereka sebagai pemain yang “tidak sepenuhnya yakin tentang kekuatan ekonomi AS” menyusul serangkaian data AS yang lebih lemah dari perkiraan pada Kamis, katanya.

Yen Jepang telah jatuh terhadap dolar dengan pemerintah mendorong untuk belanja aktif dan Bank of Japan (BoJ) melakukan pelonggaran moneter besar-besaran, yang cenderung membebani mata uang.

Euro juga melemah di tengah kekhawatiran tentang resesi Prancis, kata Kepala ASB FX penjualan institusional NZ Tim Kelleher.

Pasar sekarang fokus pada pidato yang akan disampaikan Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke pada pekan depan, kata para dealer.

 

Sumber: Kantor Berita Antara/AFP

Share it