Dua Startup Unicorn Indonesia Gojek dan Tokopedia Merger Jadi GoTo

11
Gojek dan Tokopedia Merger

Akhirnya dua startup ‘unicorn’ Indonesia, Gojek dan Tokopedia resmi bergabung. Kolaborasi antara dua perusahaan teknologi besar ini dinamai GoTo.

Gojek dan Tokopedia Merger

Disampaikan langsung oleh CEO Tokopedia, William Tanuwijaya dalam sebuah posting di akun Facebook miliknya bahwa Tokopedia dan Gojek resmi merger dalam satu payung yang sama. Diharapkan dengan kolaborasi ini dapat memajukan Indonesia di bidang teknologi.

“Gabungan Gojek dan Tokopedia dengan kekuatan visi dan misi yang begitu kuat, akan benar-benar mampu mendorong kemajuan bangsa,” ujar Wlliam dalam posting yang diunggahnya.

Pemilihan nama GoTo diambil dari singkatan “Gojek” dan “Tokopedia”. Hal tersebut sekaligus melambangkan semangat gotong royong yang akan dilakukan oleh dua start-up unicorn asal Indonesia itu.

GoTo akan menciptakan platform pertama di Asia Tenggara yang menampung e-niaga, sesuai permintaan, dan layanan keuangan dalam satu ekosistem sekaligus. Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group GoTo. Presiden Tokopedia Patrick Cao akan menjabat sebagai Presiden GoTo.

Bergabungnya Gojek dan Tokopedia ini juga didukung oleh para investor raksasa seperti Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital India, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.

Baca Juga : Conor McGregor Jadi Atlet Terkaya Di Dunia 2021, Lewati Messi dan Ronaldo

Pihak dari GoTo mengatakan bahwa per Desember 2020, grup tersebut memiliki lebih dari 2 juta mitra driver, lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant), dan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan. Selain itu, ekosistem GoTo mencakup 2% dari PDB Indonesia dan akan terus berkembang.

Share it