Ducati memperkenalkan motor terbaru, Desmosedici GP17

34

Ducati resmi memperkenalkan Desmosedici GP17 yang akan jadi andalan mereka di MotoGP musim balap tahun ini. Peluncuran dilakukan di markas besar Ducati di Bologna, Italia, Jumat (20/1/2017) kemarin.

Dilihat dari tampilan luarnya, memang tak ada perubahan signifikan. Merah dan putih tetap menjadi warna ciri khas tim pabrikan asal Italia tersebut.

Livery-nya pun tak banyak berubah, sebagaimana dapat dilihat pada gambar di atas. Tata letak sponsornya masih sama dengan yang tahun lalu. Logo sponsor-sponsor utama semacam Givi, Riello, Michelin, dan Akrapovic, masih tetap ada di tempanya.

Satu perubahan yang paling signifikan adalah tidak adanya winglet, atau sayap di fairing depan yang berguna untuk meningkatkan aerodinamika. 

Tidak dijelaskan apakah ada perubahan di sektor mesin. Tapi sebagai pembanding saja, pada tahun lalu Ducati Desmosedici GP menggendong mesin 1.000 cc Liquid-cooled, V4, four-stroke, DOHC, four valves per cylinder yang hasilkan tenaga lebih dari 245 Horsepower. Kecepatan maksimal yang dihasilkan diklaim lebih dari 340 km/jam.

Tenaga mesin Desmosedici paling besar di antara kompetitor, bahkan ketimbang Yamaha YZR-M1 (240 Horsepower) dan Honda RC213V (241 Horsepower).

Sebelum Ducati, Yamaha telah terlebih dulu memperkenalkan motor barunya di Madrid, Spanyol. Tak berbeda jauh, motor Yamaha yang akan ditunggangi oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales ini juga tidak mengalami perubahan signifikan.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini. [teks Andre Fransisco / sumber liputan6.com | foto motorsportal.nz]

Share it