Ekonomi Indonesia Diperkirakan Meningkat 6,6 Persen

51

 

 

 

Komite Ekonomi Nasional atau yang lebih akrab dikenal dengan KEN telah memperkirakan bahwa perekonomian di Indonesia pada tahun 2013 akan meningkat di atas 6,0 persen, yaitu sekitar 6,1-6,6 persen. Chairul Tanjung telah menjelaskan bahwa batas atas akan tercapai, bila keadaan atau kondisi perekonomian global telah mengalami perbaikan. Pertumbuhan itu berada di bawah, bila Eropa masih belum dapat keluar dari resesi pada tahun 2013.

Chairul juga menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang terjadi di tahun depan akan didukung, terutama pada konsumsi dan investasi. Belanja rumah tangga pun juga akan memberikan kontribusi sekitar 2,6-2,9 persen dari pertumbuhan di 2013 dan investasi sekitar 2,7-2,8 persen.

KEN pun memperkirakan pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada tahun 2012 ini adalah sebesar 6,3 persen. Angka ini berdasarkan batas bawah dari perkiraan KEN yang telah dikemukakan di akhir tahun 2011 lalu yakni 6,3-6,7 persen.

Chairul menjelaskan bahwa pada saat ini perekonomian Indonesia sedang berada di fase pertumbuhan dari siklus bisnis. Analisanya ini pun telah diambil berdasarkan data historis yang menunjukkan bahwa perekonomian di Indonesia akan meningkat selama rata-rata tujuh tahun.

Sumber: Media Indonesia

 

 

 

Share it