Erick Hadi, Managing Director of Rittal Indonesia: Belajar dari Sebuah “Kemitraan”

363
Erick Hadi
Erick Hadi. Manading Director Rittal Indonesia
Erick Hadi
Erick Hadi. Managing Director Rittal Indonesia

Erick Hadi, Managing Director PT Rittal Indonesia, pada kesempatan lalu membagi pengalamannya berkarier di bidang IT (21/5). PT Rittal Indonesia bergerak di bidang industri IT manufacture, baik rancang desain maupun rancang bangun. PT Rittal Indonesia juga mengembangkan bisnis di industri migas, pertambangan, dan transportasi (darat, udara, dan laut). Hingga kini perusahaan tersebut telah berdiri selama 54 tahun.

 

Dimulai dari sebuah kemitraan

Pekerjaan di masa lalunya ternyata membawa dampak yang begitu besar terhadap bisnis Rittal yang ia lakoni sekarang. Erick Hadi mengenal istilah ‘kemitraan’ ketika ia dulu bekerja sebagai penjual majalah. Dari situ, Erick Hadi mulai membangun kerjasama kecil-kecilan untuk menjual majalah dengan tukang fotokopi maupun di tempat-tempat makan. Istilah ‘kemitraan’ masih dipegang erat oleh Erick Hadi untuk membangun sebuah bisnis, terutama di Rittal Indonesia.

PT Rittal Indonesia  merupakan perusahaan yang cukup besar di Eropa, terutama di Jerman. Memang membutuhkan penyesuaian terhadap perusahaan tersebut masuk ke Indonesia. Ia mengenalkan istilah ‘kemitraan’ dan yakin dengan membangun kerjasama mampu membangun bisnis yang cukup besar di Indonesia.

Menurut pandangan Erick Hadi secara pribadi, penting bagi sebuah perusahaan untuk memberikan manfaat.

“Apapun yang dilakukan oleh perusahaan, perusahaan itu harus membawa manfaat atau nilai tambah untuk tempat di mana ia berada,” ujar Erick lagi.

Erick Hadi kali ini mendefinisikan bisnis dalam 4 kata: passion, nilai tambah, komitmen, dan persistensi.

Share it