Festival Pelayaran Raja Ampat 2014

42

“Penyelenggaraan sail yang ke-6 kali, sebelumnya ada Sail Bunaken, Banda, Wakatobi, Morotai dan Komodo. Tahun ini diselenggarakan Sail Raja Ampat 2014,” ungkap Menkokesra Agung Laksono dalam jumpa pers Sail Raja Ampat 2014 di Ruang Rapat Kemenkokesra, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta (10/2/2014).

Ada banyak kabar menggembirakan, menurutnya, hasil sail tiap tahunnya. Penerbangan dari maskapai Garuda Indonesia kini tersedia menuju Komodo, seperti usai Sail Komodo 2013.

“Ada juga penambahan hotel, peningkatan kunjungan wisatawan, fasilitas seperti restoran-restoran, kafe juga bermunculan. Hal itu jelas meningkatkan ekonomi setempat,” lanjut Agung menjelaskan.

Menurut Agung, hal serupa diharapkan terjadi di Sail Raja Ampat. Selain itu, tujuan diadakan Sail Raja Ampat juga untuk mempercepat pembangunan setempat.

“Tentu juga untuk mempromosikan kegiatan wisata ke nasional dan internasional,” lanjut Agung.

Sail Raja Ampat nantinya akan diluncurkan pada 27 Maret 2014 di Monas. “Kegiatannya lauching bertepatan dengan Festival Seni Budaya di Monas,” ungkap Agung.

Acara puncak Sail Raja Ampat sendiri, akan dilaksanakan di Pantai WTC atau Waisai Torang Cinta pada 21 Juli 2014.

“Rencana kegiatan akan ada baksos, seminar nasional, ekspedisi, reli kapal yacht dan semua berakhir di acara puncak tanggal 21 Juli 2014,” tutup Agung. Demikian kabar yang dilansir Detik.

Share it