Finlandia Kembali Dinobatkan Sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia

26
Finlandia Kembali Dinobatkan Sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia

Negara Finlandia kembali dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia. Pencapaian ini berdasarkan rilisan dari World Happiness Report baru-baru ini yang lagi-lagi memilih negara Finlandia sebagai negara paling bahagia.

Dalam rangka merayakan hari kebahagiaan sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret, Sustainable Development Solutions untuk PBB merilis World Happiness Report atau negara paling bahagia di dunia. Hal yang menjadi pertimbangan sejumlah negara yang dipilih sebagai negara paling bahagia dalam laporan ini yakni dari segi pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial dan kemurahan hati dari negara tersebut.

Finlandia Kembali Dinobatkan Sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia

Negara yang paling baik dari sejumlah aspek berdasarkan laporan World Happiness Report adalah Finlandia. Ini merupakan yang kelima kalinya negara Finlandia menyandang gelar sebagau negara paling bahagia di dunia.

Selain Finlandia, terdapat negara Denmark dan Islandia yang berada di posisi kedua dan ketiga sebagai negara paling bahagia.

Dalam laporan ini juga menunjukkan kebaikan dari masyarakat di berbagai belahan dunia semakin murah hati. Terlebih belakangan situasi pandemi covid-19 membuat masyarakat di seluruh belahan dunia terkena dampak yang cukup besar dari segi materi hingga mental.

“Kejutan besar dalam penelitian ini adalah bahwa secara global telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam bentuk-bentuk kebajikan,” ujar John Helliwell, salah satu dari editor laporan tersebut.

Banyak kebaikan yang terjadi pandemi semisal bantuan sumbangan amal untuk korban terdampak. Selain itu, banyak juga yang menjadi relawan untuk aksi kemanusiaan.

“Saya pikir itu adalah karena orang-orang tahu lebih banyak tentang apa yang mereka hadapi di tahun kedua,” ujar Halliwell.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it