Generasi Alphard yang lebih ‘hijau’, Alphard Hybird

204

Sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2002, Toyota Alphard telah berhasil menarik peminat kendaraan dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi. Di Indonesia sendiri, menurut data Toyota, Alphard menduduki peringkat satu dalam hal penjualan mobil kelas atas.

Kini, di tengah antusias masyarakat akan pilihan yang ramah lingkungan, Toyota Astra Motor [TAM] belum lama ini meluncurkan seri Alphard terbaru, New Alphard 2.5 G Hybird 4×4.

“Kendaraan New Alphard Hybird ini adalah wujud komitmen Toyota untuk masa depan yang lebih baik, dengan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan, sesuai permintaan pelanggan, khususnya di kelas premium,” ujar Rahmat Samulo Direktur Marketing TAM, kepada media di Gaikindo International Indonesia Auto Show [GIIAS] 2015 beberapa waktu lalu.

Teknologi hybird menggabungkan motor listrik dengan mesin bensin untuk membuat satu kendaraan paling efisien di dunia. Sama seperti 2.5G, varian hybird ini juga menggunakan mesin 2AR-FXE, namun ia mendapat tambahan dua motor listrik yang ditempatkan di bagian depan dan belakang kendaraan.

Secara otomatis sistem hybird mobil ini akan mengalihkan tenaga penggerak dari mesin ke motor listrik sejalan dengan kecepatan kendaraan. Motor listrik akan mengambil alih tenaga penggerak ketika mobil berjalan lambat, dan kemudian sistem akan mengalihkan ke mesin berbahan bakar minyak saat membutuhkan tenaga yang lebih besar atau kecepatan tinggi.

Brava Listeners bisa mengendarai Alphard Hybird dengan maksimal di harga mulai dari IDR 1,3 miliar. [foto caranddriver.com]

Share it