George Michael – [1994]

19
George Michael - 1994

Seorang hakim memutuskan melawan George Michael dalam gugatannya terhadap label rekamannya, Sony, yang menggagalkan karir musiknya selama dua tahun.

Duo Michael Wham! telah menandatangani kontrak dengan Columbia Records, dan ketika dia meluncurkan karir solonya pada tahun 1984, dia tetap bersama label tersebut. Pada tahun 1988, tahun album Faith-nya menjadi top seller di seluruh dunia, dia menandatangani kontrak 8 album baru dengan Columbia. Ini juga merupakan tahun dimana Sony mengakuisisi CBS Records, memberi mereka kendali atas label Columbia.

Album pertamanya di bawah kontrak baru adalah Listen Without Prejudice Vol. 1 pada tahun 1990. Terbakar dari pengawasan kesuksesan yang datang dengan Faith, ia mengambil taktik baru, menolak banyak kebiasaan industri untuk fokus pada upaya artistik dan kesejahteraan pribadinya. Dia tidak muncul di sampul album atau di video, dan menolak tur untuk mendukungnya. Album ini terjual lebih dari 7 juta kopi (sekitar setengah dari jumlah Faith), tetapi Michael mengklaim Sony menahan promosi untuk membalasnya.

Dalam upaya untuk membebaskan dirinya dari kontraknya, Michael mengajukan gugatan terhadap Sony pada Oktober 1992 dan mengeluarkan pernyataan berikut:

George Michael

Sejak Sony Corporation membeli kontrak saya, bersama dengan segala sesuatu dan semua orang di CBS Records, saya telah melihat perusahaan musik besar Amerika yang dengan bangga saya tanda tangani sebagai remaja menjadi bagian kecil dari jalur produksi untuk sebuah perusahaan elektronik raksasa yang tidak memiliki pemahaman tentang proses kreatif… Sony tampaknya melihat artis tidak lebih dari sekadar perangkat lunak… hubungan saya dengan catatan CBS adalah urusan yang sukses, sedangkan perjodohan dengan Sony ini tidak berhasil. Kami tidak berbicara dalam bahasa yang sama.

Baca juga : A-ha Take On Me

Hakim memihak Sony, dan memerintahkan Michael untuk membayar biaya pengadilan terdakwa. Sony menanggapi dengan pernyataan satu kalimat: “Kami sangat menghormati George Michael dan seninya, dan berharap dapat melanjutkan hubungan kami dengannya.”

Michael menolak untuk merekam untuk Sony dan menunda karirnya, sehingga pihak label menerima tawaran untuk membeli kontraknya. Pada tahun 1995, Michael menyetujui kesepakatan dua album dengan Virgin di Inggris dan Dreamworks SKG (usaha baru yang dipimpin oleh Steven Spielberg, Jeffrey Katzenberg dan David Geffen) di AS. Sony mendapat $40 juta, royalti dari dua album, dan kendali atas katalog belakang Michael. Album pertamanya di bawah kontrak baru adalah Older, yang dirilis pada 1996. Lagu-lagu dari Abad Terakhir, kumpulan lagu-lagu cover, tiba pada 1999, memenuhi akhir kontraknya.

Pada tahun 2003, dia menandatangani kontrak baru dengan… Sony Records. Album 2004 miliknya, Patience, dirilis pada label; itu terbukti menjadi yang terakhir, karena ia berhenti merekam dan meninggal pada tahun 2016.

Share it